Home Entertainment Gaya Hidup 4 Tips Jaga Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa

4 Tips Jaga Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa

270
0
SHARE
Saat puasa tubuh harus tetap bugar. Foto: hello.com

Diamma.com – Bulan ramadan adalah bulan istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Di mana di bulan ini umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Puasa bukan jadi halangan untuk tetap beraktivitas dan menjaga tubuh tetap sehat bugar. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga tubuh agar tetap bugar saat puasa:

1. Konsumsi 4 sehat 5 sempurna saat sahur dan buka

Mengonsumsi makanan sehat adalah suatu kebutuhan bagi tubuh, agar sistem tubuh tetap seimbang saat beraktivitas. Saat sahur hendaklah kita membekali tubuh dengan makanan sehat untuk jadi sumber energi yang pas dalam beraktivitas selama satu hari.

Saat berbuka, hendaklah kita juga mengonsumsi makanan yang berserat untuk memenuhi kebutuhan tubuh setelah berpuasa selama 13 jam.

2. Tetap jaga kebutuhan mineral

Saat berpuasa, tubuh tetap membutuhkan air mineral sebanyak 8 gelas per hari. Namun, polanya yang harus diganti saat sahur dan berbuka.

Dengan pembagian 2 gelas saat sahur, dan 6 gelas saat berbuka. Atau bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti, semangka, salad buah, atau meminum smoothie.

3. Olahraga

Puasa tidak jadi halangan untuk tetap berolahraga, tergantung pada kebugaran setiap individu. Olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat sedang berpuasa. Karena saat puasa, perut sedang dalam keadaan kosong.

Seperti dilansir dari Kompas.com, menurut dr. Saptawati Berdosono, bahwa waktu terbaik melakukan olahraga adalah pada saat 30-60 menit menjelang berbuka puasa, karena mendekat waktu makan.

4. Istirahat yang cukup

Saat berpuasa, kita dianjurkan untuk istirahat yang cukup. Sempatkan tidur siang apabila ada waktu senggang.

Penulis: Indira Difa Maharani
Editor: Gadis Ayu Maharani