Zakaria Ahmad selaku Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blangbintang Aceh Besar. Foto: ANTARA/HO/Dok Pribadi/M.Haris Setiady Agus.

Diamma.com– Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blangbintang Aceh Besar, Zakaria Ahmad, memprediksi suhu di Banda Aceh dan sekitarnya dapat mencapai 35 derajat Celcius selama bulan suci Ramadhan.

“Suhu di Banda Aceh sekitarnya berkisar 32 hingga 35 derajat Celcius. Titik puncak sekitar pukul tiga siang,” kata Zakaria Ahmad dikutip dari antaranews.com pada Senin (6/5).

Prakiraan suhu yang mencapai 35 derajat Celcius akan berlangsung hingga September 2019. Hal ini berkaitan dengan masuknya musim kemarau di wilayah Aceh.

Meski akan memasuki musim kemarau bukan berarti tidak hujan. Ada beberapa wilayah di Aceh yang mendung, seperti wilayah barat selatan, timur dan tengah. Mengenai hal tersebut hujan akan diprediksikan terjadi pada Juli yang akan datang.

Memasuki musim kemarau, juga mengakibatkan perubahan angin dari timur ke barat. Maka dari itu, Zakaria mengingatkan masyarakat, terutama nelayan yang ingin melaut mengenai perubahan angin tersebut yang menyebabkan gelombang tinggi agar tetap selalu berhati-hati.

“Gelombang tinggi berpeluang terjadi di wilayah barat selatan Aceh, bisa mencapai satu hingga tiga meter. Termasuk di perairan Samudra Hindia, mulai dari Pulau Simeulue hingga Kepulauan Andaman, India, ketinggian gelombang bisa mencapai 3,5 meter,” ungkapnya.

Selain Samudra Hindia, ketinggian gelombang laut juga diprakirakan tinggi di Selat Malaka bagian Utara antara setengah meter hingga 2,5 meter. Sedangkan di perairan Timur Aceh, mulai dari Kabupaten Pidie hingga Aceh Tamiang berkisar 0.5 hingga dua meter.

Zakaria juga mengingatkan kepada para nelayan yang ingin melaut diharapkan untuk membawa alat keselamatan dan komunikasi.

“Kepada masyrakat, terutama nelayan yang ingin melaut, diingatkan untuk membawa alat keselamatan seperti pelampung. Dan juga membawa alat komunikasi seperti radio,” tutupnya.

Penulis: Rahma Anggraini
Editor: Octavia Dwi Lestari