Home News Alasan Penggunaan Warna Hijau yang Dipakai oleh Dokter Saat Operasi

Alasan Penggunaan Warna Hijau yang Dipakai oleh Dokter Saat Operasi

86
0
SHARE
Warna hijau sebagai simbol penenang. Foto: ooowgitu.blogspot.com

Diamma.com – Saat melakukan operasi pada pasien, para dokter akan menggunakan baju berwarna serba hijau. Hal ini bukan tanpa sengaja dilakukan, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa warna hijau identik dengan prosedur operasi:

1. “Menetralkan” warna merah dari darah

Saat operasi, para dokter akan melihat banyak darah, jika para dokter terlalu lama berada dalam situasi yang penuh darah (merah) hal ini akan menyebabkan halusinasi dan kepekaan seseorang terhadap warna merah akan berkurang. Hal ini sangat fatal karena dokter perlu menangani berbagai organ tubuh pasien saat operasi.

Dengan itu para dokter mengenakan warna hijau, karena warna hijau dapat membantu “menetralkan” warna merah. Kemudian, dalam rona warna, hijau merupakan lawan dari warna merah.

2. Menenangkan pikiran

Selain dapat membantu menetralkan, warna hijau dipercaya memberikan rasa yang menenangkan, seimbang, dan menghindari emosi berlebihan.

Selain itu, terdapat penelitian baru yang menyatakan bahwa, ketika terpapar kertas berwarna hijau atau ditempatkan di ruangan berwarna hijau, denyut jantung seseorang bisa menjadi turun, begitu juga dengan tekanan darah, dan otot menjadi lebih rileks.

Warna hijau dipakai dengan tujuan agar memenenangkan pikiran orang yang melihatnya. Sehingga suatu kegiatan yang penting pun dapat terbantu dengan warna yang identik dengan alam ini.

Penulis: Indira Difa Maharani
Editor: Gadis Ayu Maharani