Home Entertainment Gaya Hidup 3 Manfaat Pentingnya Sarapan Sebelum Beraktivitas

3 Manfaat Pentingnya Sarapan Sebelum Beraktivitas

100
0
SHARE
Pentingnya Sarapan Sebelum Beraktivitas. Foto: honestdocs.id

Diamma.com – Sarapan mungkin dianggap hal yang sepele untuk dilakukan sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Sebagian orang pun menganggapnya tidak terlalu penting lantaran tidak terlalu lapar sehingga bisa diganti saat makan siang.

Namun faktanya, sarapan memiliki manfaat yang luar biasa. Pemerintah pun menyebut sarapan sangat penting untuk dilakukan masyarakat Indonesia.

Sarapan merupakan kegiatan makan dan minum untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian agar hidup sehat. Berikut ini adalah tiga manfaat sarapan sebelum anda melakukan aktivitas sehari-hari:

1. Metabolisme Lebih Baik

Pada pagi hari, tubuh dalam keadaan lelah setelah bekerja semalaman selama kita tidur. Dengan sarapan, kita memberikan sinyal kepada tubuh bahwa pagi telah dimulai. Dengan begitu, otomatis tubuh akan dalam keadaan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih baik. Selain itu, metabolisme tubuh juga terjaga karena adanya asupan nutrisi
yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mencegah Makan Berlebihan

Salah besar jika diet menjadi alasan untuk tidak sarapan. Sebab, manfaat sarapan pagi secara teratur justru akan mencegah kita makan berlebihan. Umumnya jika tidak sarapan, justru akan memunculkan hasrat untuk mengonsumsi banyak makanan pada siang hari.

Karena rasa lapar yang berlebih, kita mungkin akan memesan dan mengonsumsi makanan yang lebih dari porsi biasanya pada saat makan siang.

3. Memberikan nutrisi dasar untuk tubuh

Sarapan pagi juga berguna untuk memenuhi jumlah vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Jika kita melewatkan satu kali sarapan, berarti tubuh akan kehilangan sebagian nutrisi penting yang seharusnya dipenuhi pada saat sarapan.

Hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Meskipun pada awal tidak terlihat, namun berpengaruh pada kesehatan tubuh di masa yang akan datang.

Nah! Itu dia tiga manfaat pentingnya sarapan yang tidak boleh diabaikan. Jangan lupa sarapan, sebelum memulai aktivitas ya.

Penulis: Fadre Fayoemi
Editor: Gadis Ayu Maharani