Home Entertainment Gaya Hidup Ingin Puasa Lancar, Hindari 4 Minuman Ini Saat Sahur

Ingin Puasa Lancar, Hindari 4 Minuman Ini Saat Sahur

73
0
SHARE
Perhatikan apa saja yang akan dikonsumsi saat sahur, agar tubuh tetap sehat dan bugar sampai waktu berbuka. Foto: Tribunenews.com

Diamma.com – Bulan Ramadan menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh semua umat muslim. Dalam menjalankan ibadah puasa, tentu kita ingin sekali memiliki tubuh yang sehat agar puasa lancar.

Untuk memiliki tubuh yang sehat, tentu kita harus memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang kita konsumsi saat sahur sebelum menjalankan puasa sampai waktu berbuka.

Berikut ini adalah beberapa minuman yang harus dihindari, agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena dehidrasi selama menunaikan ibadah puasa.

1. Air dingin

Hindari mengonsumsi air dingin saat sahur. Air dingin akan membuat perut kembung, perih dan terasa tidak nyaman pada saat kita sedang menjalankan puasa. Selain itu, air dingin juga dapat memicu pembulu darah berkontraksi, yang akan mengakibatkan pencernaan kita terganggu.

2. Kopi

Beberapa orang pasti memiliki masalah pada lambungnya setelah mereka mengonsumsi kopi. Karena kandungan kopi dapat memberikan reaksi tubuh yang berbeda-beda. Untuk itu agar puasa lancar, maka hindari meminum kopi pada saat sahur.

3. Minuman bersoda

Mengonsumsi minuman bersoda memang nikmat, tetapi dapat memberikan efek yang jahat pada tubuh kita. Perlu diingat bahwa di dalam minuman bersoda terdapat gas karbondioksida,yang akan membuat perut kembung. Tentu tidak enak apabila menjalankan puasa dengan perut yang kembung.

Selain itu minuman bersoda juga dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Untuk itu hindarilah minuman bersoda.

4. Alkohol

Bukan hanya di bulan puasa saja kita harus menghindari minuman ber-alkohol, melainkan juga dalam kehidupan sehari-hari juga perlu dilakukan. Meski minuman ini memiliki manfaat yang efektif dalam menghangatkan tubuh, namun lebih banyak kerugian yang ditimbulkan apabila mengonsumsi minuman ini.

Jika mengonsumsi alkohol secara berlebihan, efek samping yang akan ditimbulkan adalah kecanduan, perut kembung dan terkena penyakit hati hingga paru-paru.

Pilihlah apa saja yang akan dikonsumsi oleh tubuh saat sahur agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Selamat menunaikan ibadah puasa.

Penulis: Aimee Jibran Pasha
Editor: Gadis Ayu Maharani