Home Entertainment Gaya Hidup Mengenal Perbedaan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner

Mengenal Perbedaan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner

176
0
SHARE
Contoh produk exfoliating toner dan hydrating toner. Foto: beautinesia

Diamma.com – Selain double cleansing, dalam dunia skincare dikenal juga istilah double toning, yaitu penggunaan dua toner dalam skincare routine. Toner yang digunakan adalah exfoliating toner dan hydrating toner. Masih banyak orang yang bertanya-tanya perbedaan kedua toner tersebut dan bagaimana penerapan double toning dan seberapa penting sebenarnya double toning? Berikut penjelasannya.

Pada dasarnya, ada banyak sekali jenis toner seperti pH balancing toner, cleansing toner,astringent, dll. Namun, dari sekian jenis toner, exfoliating toner dan hydrating toner adalah yang paling ideal untuk memenuhi kebutuhan toner untuk wajah. Lalu, apa saja sebenarnya perbedaan dari kedua jenis toner ini? yuk simak.

1. Kandungan toner

Exfoliating toner dan hydrating toner tentunya memiliki kandungan yang berbeda. Exfoliating toner dikenal juga acid toner. Kandungan utama dalam exfoliating toner umumnya adalah seperti AHA, BHA, PHA, atau glycolic acid. Sedangkan kandungan pada hydrating toner yang umum adalah seperti HA atau hyaluronic acidalgae, aloe vera, atau glycerin.

2. Manfaat toner

Kandungan yang berbeda tentunya juga membuat kedua toner ini memiliki manfaat yang berbeda. Exfoliating toner adalah toner yang berfungsi untuk mengangkat sisa sel kulit mati pada kulit, sekaligus mengembalikan kadar pH normal kulit.

Sedangkan untuk hydrating toner, fungsinya adalah untuk menghidrasi dan juga mengembalikan kelembapan kulit, serta mempersiapkan kulit untuk produk skincare selanjutnya. Jika melihat pada fungsi utama toner yang sudah dijelaskan sebelumnya, kedua toner ini memang dapat memenuhi seluruh fungsi tersebut.

3. Cara penggunaan

Perbedaan ketiga yang mencolok dari kedua toner ini adalah pada cara penggunaannya. Banyak orang yang masih merasa bingung karena perbedaan cara penggunaan toner ini. Cara penggunaan exfoliating toner adalah dengan cara menggunakan kapas, seperti cara umum menggunakan toner. Sedangkan untuk hydrating toner, cara menggunakannya adalah dengan cara dioleskan langsung ke wajah, lalu ditepuk-tepuk menggunakan tangan atau dengan spray adalah yang paling praktis agar toner yang diaplikasikan ke wajah tidak berlebihan. Setelah disemprotkan, segera ratakan dan tepuk-tepuk tangan ke wajah.

Kedua cara ini merupakan cara yang umum untuk menggunakan exfoliating toner dan hydrating toner, tapi bukan berarti setiap exfoliating toner dan hydrating toner memiliki cara penggunaan yang sama. Setiap jenis toner dengan merek yang berbeda, bisa memiliki aturan penggunaan yang berbeda. Jadi, cara paling tepat untuk menggunakannya adalah dengan cara mengikuti aturan pakai yang tertera pada produk.

Penulis: Qhoridatul Khanifah
Editor: Gadis Ayu Maharani