Home News Nasional Gunung Agung Kembali Erupsi, Status Siaga

Gunung Agung Kembali Erupsi, Status Siaga

297
0
SHARE
Gunung Agung kembali erupsi, sebabkan hujan abu di Klungkung, Minggu (21/4). Foto: Telkom Tulamben

Diamma.com – Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi pada Minggu (21/4) pukul 03.21 WITA. Hal ini menyebabkan hujan abu di beberapa wilayah di Bali.

Seperti dilansir dari kumparan.com, Devy Kamil Syahbana mengatakan hujan abu dengan intensitas tebal hingga tipis turun di sejumlah desa di dua Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung, dan Kabupaten Bangli.

“Di sektor selatan-barat daya termasuk Rendang dan Klungkung,” jelasnya, selaku Kepala Sub Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG.

Dalam kejadian ini, BPBD Karangasem mengonfirmasikan tidak ada korban jiwa.

Menanggapi kejadian ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) dipimpin oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik segera bergerak untuk membagikan masker di lokasi terdampak untuk mengurangi dampak dari hujan abu.

“Tim Reaksi Cepat (TRC) dipimpin oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik bergerak ke lokasi terdampak hujan abu untuk pembagian masker dan asesmen dampak erupsi serta berkoordinasi dengan instansi terkait,” jelas Arimbawa selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karangasem.

Sampai saat ini, status Gunung Agung masih siaga dihimbau kepada seluruh warga sekitar untuk tidak mendekati daerah aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. Hal ini karena, dikhawatirkan erupsi yang disertai hujan abu membawa material berbahaya ke aliran sungai.

Penulis: Siti Anissa
Editor: Gadis Ayu Maharani