Home Entertainment Gaya Hidup 5 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

5 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

295
0
SHARE
Manfaat buah manggis bagi kesehatan. Foto: hellosehat.com

Diamma.com – Buah manggis merupakan jenis buah-buahan tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang sangat enak, buah manggis juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Sudah banyak riset yang membuktikan manfaat buah manggis, baik daging buah maupun kulit luarnya. Karena, hampir semua bagian dari buah manggis bisa dimanfaatkan dan sangat baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah manggis:

1. Obat awet muda

Zat antioksidan yang terdapat di dalam buah manggis sangat baik untuk kesehatan dan mampu menghambat penuaan. Karena, zat ini mampu memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

2. Menghambat pertumbuhan kanker

Lalu, manggis juga banyak mengandung xanthone yang merupakan senyawa anti-kanker. Bahkan, ektrak kulit manggis bersifat apoptosis (penghancur sel kanker).

3. Perawatan kulit

Khasiat manggis yang tidak kalah pentinya bagi perempuan adalah perawatan kulit. Sudah ada penelitian yang memastikan berbagai manfaat manggis bagi kulit dan studi menunjukkan bahwa manggis memiliki sifat yang dapat mencegah kanker kulit. Sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-jamur, anti-alergi, dan anti-oksidan dapat membantu mengurangi risiko berbagai kondisi seperti peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi, dan infeksi bakteri.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah manggis kaya akan nutrisi, mineral, vitamin, dan xanthone yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini melindungi tubuh dari penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

5. Antioksidan

Buah manggis mengandung antioksidan yang kuat. Yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh dan seluruh tubuh. Antioksidan ini mengandung penguat sel yang disebut sebagai xanthone, yang mengandung berbagai sifat memiliki nilai obat. Inilah sebabnya mengapa manggis disebut sebagai buah penyembuhan dan dapat digunakan untuk mencegah penyakit.

Penulis: Fadre Fayoemi
Editor: Gadis Ayu Maharani