Home News Internasional Uber Berencana Menjual Saham IPO Senilai $10 Miliar

Uber Berencana Menjual Saham IPO Senilai $10 Miliar

243
0
SHARE
Uber Tech Inc memutuskan menjual saham sekitar $10 miliar. Foto: fortune.com

Diamma.com- Uber Technologies Inc telah memutuskan akan berusaha untuk menjual sekitar $10 miliar saham dalam penawaran umum perdana, dan akan mengumumkan pendaftaran penawaran pada hari Kamis (12/4). Orang-orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan pada hari Selasa (10/04).

Seperti dilansir dari Reuters, Uber mencari penilaian antara $90 miliar dan $100 miliar, hal ini dipengaruhi oleh buruknya kinerja saham saingan kecil Lyft Inc setelah IPO akhir bulan lalu. Bankir investasi sebelumnya mengatakan kepada Uber bahwa itu bisa bernilai $120 miliar. Tetapi akhir ini Uber bernilai $76 miliar di pasar penggalangan dana swasta.

Sebagian besar saham yang dijual akan dikeluarkan oleh perusahaan, sementara sebagian kecil akan dimiliki oleh investor Uber.

Uber berencana untuk membuat pendaftaran IPO-nya dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS tersedia untuk umum pada hari Kamis, dan akan memulai roadshow investornya mulai hari Minggu (29/4).

Uber memperingatkan bahwa rencana tersebut masih dapat berubah dan kondisi pasar, dan meminta untuk tidak diidentifikasi karena masalah tersebut bersifat rahasia.

Uber beroperasi di lebih dari 70 negara. Selain naik sepeda, bisnisnya meliputi persewaan sepeda dan skuter, pengangkutan barang, pengiriman makanan, dan divisi mobil mandiri yang mahal.

Selama roadshow IPO, kepala eksekutif Uber, Dara Khosrowshahi, akan ditugaskan untuk meyakinkan investor bahwa ia telah berhasil mengubah budaya perusahaan dan praktik bisnis setelah serangkaian skandal memalukan selama dua tahun terakhir.

Penulis: Qhoridatul Khanifah
Editor: Octavia Dwi Lestari