Home News Internasional Foto Pertama Lubang Hitam Dirilis Dalam Terobosan Astrofisika

Foto Pertama Lubang Hitam Dirilis Dalam Terobosan Astrofisika

258
0
SHARE
Foto lubang hitam pertama kalinya dirilis dalam terobosan astrofisika. Foto: newscientist.com

Diamma.com- Sebuah tim ilmiah internasional pada hari Rabu (10/04) mengumumkan tonggak sejarah dalam astrofisika.

Foto lubang hitam pertama kalinya menggunakan jaringan teleskop global untuk mendapatkan wawasan tentang benda-benda langit dengan medan gravitasi yang begitu kuat tidak peduli cahaya apa pun dapat lolos.

Pengamatan tim terhadap lubang hitam di pusat Messier 87, sebuah galaksi masif di kluster galaksi Virgo terdekat, memberikan dukungan kuat pada teori relativitas umum yang diajukan pada 1915 oleh fisikawan Albert Einstein untuk menjelaskan hukum gravitasi dan hubungan mereka untuk kekuatan alam lainnya.

Penelitian ini dilakukan oleh proyek Event Horizon Telescope (EHT), sebuah kolaborasi internasional yang dimulai pada 2012 untuk mencoba secara langsung mengamati lingkungan langsung dari lubang hitam menggunakan jaringan global teleskop berbasis bumi. Pengumuman ini dibuat dalam konferensi pers simultan di Washington, Brussels, Santiago, Shanghai, Taipei dan Tokyo.

“Kami telah mencapai sesuatu yang dianggap mustahil hanya satu generasi yang lalu,” ujar astrofisikawan Sheperd Doeleman, direktur Event Horizon Telescope di Center for Astrophysics, Harvard & Smithsonian.

Penulis: Qhoridatul Khanifah
Editor: Octavia Dwi Lestari