Home News Internasional Aramco Cetak Rekor dengan Permintaan $100 Miliar untuk Obligasi

Aramco Cetak Rekor dengan Permintaan $100 Miliar untuk Obligasi

219
0
SHARE
Kilang minyak milik Saudi Aramco. Foto: arabianbusiness.com

Diamma.com- Pesanan untuk debut internasional obligasi Saudi Aramco mencapai $100 miliar pada Selasa (09/04).

Sebuah pemecah rekor suara kepercayaan pasar untuk raksasa minyak yang telah menghadapi kekhawatiran investor tentang pengaruh pemerintah terhadap perusahaan.

Dikutip dari Reuters.com, permintaan tampaknya menjadi yang terbesar untuk obligasi pasar negara berkembang.

Hal tersebut melampaui nilai orderbook lebih dari $52 miliar untuk kesepakatan Qatar $12 miliar tahun lalu, $67 miliar untuk masalah pelantikan Arab Saudi pada tahun 2016 dan $69 miliar pesanan untuk perdagangan $16,5 miliar di Argentina tahun itu.

“Murni pada angka, itu adalah kredit yang fantastis,” ujar Damien Buchet CIO dari Strategi Pengembalian Total EM Finisterre Capital.

“Masalahnya, mereka adalah bagian dari Arab Saudi, mereka adalah pasukan pemerintah. Untuk investor ekuitas, ini akan selalu menjadi masalah, lebih daripada bagi investor obligasi,” tambahnya.

Obligasi Aramco telah menarik minat dari berbagai investor, karena keuntungan besar produsen minyak akan menempatkan peringkat hutangnya. Jika tidak dibatasi oleh hubungan kedaulatannya dalam liga yang sama dengan perusahaan minyak terkemuka seperti Exxon Mobil dan Shell.

Penulis: Qhoridatul Khanifah
Editor: Octavia Dwi Lestari