Home Entertainment Gaya Hidup 3 Tips Kuliah di Jerman ala Gita Savitri Devi

3 Tips Kuliah di Jerman ala Gita Savitri Devi

85
0
SHARE
Gita Savitri Devi di channel youtubenya. Foto : Berkuliah.com

Diamma.com – Kuliah di luar negeri adalah impian bagi sebagian pelajar Indonesia. Dengan kualitas pendidikan yang bagus membuat Jerman menjadi salah satu negara pilihan dari beberapa pilihan lainnya. Hal tersebutlah yang membuat Gita Savitri Devi memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di salah satu negara di Eropa ini.

Gita yang dikenal sebagai kreator konten video Youtube, blogger, dan social media influencer ini berhasil menempuh gelar S1 Kimia Murni di Freie Universität Berlin.

Suka dan duka selama menempuh pendidikan di Jerman sudah Gita rasakan. Nah, berikut adalah beberapa tips dari Gita, untuk kalian yang ingin melanjutkan pendidikan di Jerman.

1. Cari tahu
Bagi Gita, langkah pertama untuk para pelajar yang ingin melanjutkan studi di Jerman adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu.

“Saran gue, tahap pertama kalau mau kuliah di sini adalah datang ke konsulat Jerman di kedutaan dan bertanya-tanya di sana. Merekalah yang lebih tahu mengenai update terbaru studi di Jerman. Karena, peraturannya selalu berubah setiap tahun,” Jelas Gita dalam video youtubenya.

2. Ikut Studienkolleg
Studienkolleg adalah program persamaan yang diwajibkan untuk calon mahasiswa asing sebelum memulai kuliah di Jerman.

“kalau lo mau kuliah di Jerman harus (ikut) studienkolleg, ibaratnya tuh kaya penyetaraan. Karena (lama waktu) sekolah di Indonesia itu 12 tahun, sedangkan di Jerman 13 tahun,” tuturnya.

3. Siap mental
Bagi Gita, kuliah di luar negeri bukan hanya sekedar niat dan minat. Namun, juga mental. Gita mengungkapkan agar berhasil menempuh pendidikan di Jerman, kita harus siap mental. Karena situasi yang jauh berbeda antara Indonesia dan Jerman.

“Kuliah di Jerman itu susahnya nauzubillah min zalik, lo harus pikirin seribu kali dan harus mentally prepared,” ungkap Gita yang mendapatkan pelajaran hidup saat menjadi anak rantau di negeri orang.

Yap! itu dia ketiga tips ala Gita Savitri Devi. Terima kasih Gita!

Penulis: Lhudfia Indah
Editor: Gadis Ayu Maharani