Home Entertainment Gaya Hidup 5 Tips Merawat Jeans Hitam Agar Tidak Cepat Pudar

5 Tips Merawat Jeans Hitam Agar Tidak Cepat Pudar

183
0
SHARE
Rawat celana jenas hitam agar tidak cepat pudar. Foto: shefinds.com

Diamma.com – Dalam dunia fashion, hitam menjadi warna yang sangat mudah dipadu padankan dengan warna lainnya. Selain itu, warna hitam juga dapat membuat si pemakai terlihat lebih langsing, feminin ataupun tomboy, dan formal sekaligus. Itulah, mengapa celana jeans hitam menjadi salah satu item primadona yang wajib dimiliki.

Sayangnya, warna pada celana jeans akan cepat pudar, apabila kita salah merawat. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dicoba untuk merawatnya, simak yuk!

  1. Kunci warna

Setelah membeli celana jeans hitam, ada baiknya kunci warna (pada jeans) terlebih dahulu, dengan cara merendamnya di larutan air dingin, secangkir cuka putih dan satu sendok teh garam. Kemudian, cuci dan jemur dengan cara digantung hingga kering. Hal ini dapat mencegah warna jeans luntur saat kedua kali dicuci.

  1. Hindari terlalu sering mencuci

Bahan yang beda, membuat jeans akan mudah luntur apabila terlalu sering dicuci. Jika baru sekali pakai, ada baiknya untuk tidak dicuci. Idealnya, celana jeans dicuci setelah pemakaian selama 4-6 minggu.

  1. Noda? Semprot untuk membersihkannya

Apabila celana jeans kotor, cukup semprotkan campuran vodka dan air dingin (perbandingan 1:1). Biarkan kering terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam plastik dan taruh di freezer semalaman, agar tidak berbau dan bebas bakteri.

  1. Cuci dengan lembut

Mencuci dengan menggunakan mesin atau tangan, pastikan terlebih dahulu celana jeans sudah dibalik sebelum dicuci. Selain itu, cuci dengan menggunakan air dingin. Karena, suhu air yang panas dapat memudarkan warna jeans. Cuci jeans bersamaan dengan pakaian yang memiliki warna senada. Kemudian, pakailah deterjen khusus. Jika tidak, perhatikan takaran yang sesuai. Jangan berlebihan ya!

  1. Jemur

Saat menjemur celana jeans di bawah sinar matahari, pastikan celana dalam posisi sudah dibalik. Hal ini akan mencegah rusaknya serat-serta jeans karena panas.

Nah! Itulah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan, untuk menjaga warna celana jeans hitam agar tidak pudar. Selamat mencoba!

Penulis: Gadis Ayu Maharani
Editor: Gadis Ayu Maharani