Home Entertainment Budaya Berikut adalah 4 Etika Makan dan Minum yang Unik di Beberapa Negara

Berikut adalah 4 Etika Makan dan Minum yang Unik di Beberapa Negara

74
0
SHARE
Tradisi bersulang di beberapa negara. Foto: suara.com

Diamma.com – Etika dalam berperilaku patut menjadi perhatian kita, termasuk bagaimana cara menjaga sopan santun saat berada di meja makan. Sayangnya, tidak semua etika makan di dunia ini sama, bisa jadi tata cara makan dan minum di Indonesia dianggap kurang etis di negara lain atau malah sebaliknya. Agar tidak salah melakukannya, yuk simak rangkuman berikut ini!

  1. Dilarang membunyikan alat makan dari kaca
    Mengatakan “cheers” sebelum menikmati minuman menjadi hal yang lumrah bagi beberapa negara. Namun, kebiasaan ini dilarang di Hungaria. Di Hungaria, bersulang dianggap tidak sopan, karena hal tersebut menjadi trauma bagi masyarakat setempat, yang mengingatkan mereka saat Austria menjajah pada tahun 1848.
  2. Jangan memesan tambahan keju
    Negara apa yang terkenal dengan lezatnya pasta dan pizza? Yup, Italia! Pizza dan pasta di Italia memang terkenal di dunia. Ada satu resep yang membuat makanan di sana semakin enak yaitu, keju. Namun sayang, extra cheese atau more cheese tidak berlaku di sana. Jangan pernah meminta tambahan keju untuk di atas pizza atau pasta, bila tidak ditawarkan sendiri oleh pihak restorannya. Menurut mereka etika tersebut dianggap dosa.
  3. Haram hukumnya membalik ikan
    Kebiasaan orang Indonesia jika satu sisi ikan sudah tidak tersisa dagingnya pasti akan
    membalikkan ke sisi yang masih ada dagingnya. Lain halnya di negara tirai bambu, di Cina kebiasaan itu haram dilakukan, terutama wilayah Cina Selatan dan Hong Kong. Istilah membalikkan ikan di Cina adalah “dao yue” yang artinya anda membiarkan perahu nelayan terbalik. Bagi mereka, cara menghabiskan daging ikan di sisi sebaliknya adalah dengan menarik tulang-tulangnya terlebih dahulu.
  4. Dilarang meminum dengan satu tangan
    Sikap menghormati orang yang lebih tua masih terasa kental di negara Korea. Ketika orang tua menawarkan minuman, mereka harus menyambut tawaran tersebut dengan mengangkat gelas menggunakan kedua tangannya. Begitu juga saat makan bersama, orangtua harus didahulukan baru yang muda mengikuti.

Nah! Itu dia keempat etika makan di beberapa negara. Perhatikan bagaimana kamu berperilaku di meja makan, saat berkunjung ke negara-negara tersebut ya!

Penulis: Nadya Meidiana
Editor: Gadis Ayu Maharani