Home Cetak WARTA: Fikom UPDM (B) Rencanakan Pasang Pemancar Siaran TV

WARTA: Fikom UPDM (B) Rencanakan Pasang Pemancar Siaran TV

91
0
SHARE
Ilustrasi: Diamma.com/Fitri Febriyanti

Fakultas Ilmu Komunikasi rencanakan pemasangan pancaran siaran TV untuk wadah mahasiswa berkreasi di Kampus Swadarma.

Diamma.com– Fikom UPDM (B) berencana untuk memasang pemancar siaran TV berfrekuensi UHF di Laboratorium Terpadu Fikom yang berada di Jalan Swadarma Raya, Jakarta Selatan. Program kerja yang digagas oleh Catur Priyadi selaku Kepala Laboratorium nantinya akan membuat UPDM (B) memiliki saluran yang terhubung dengan televisi masyarakat dalam radius dua kilometer dari Gedung Swadarma.

Catur mengungkapkan alasan dipasangnya pemancar siaran TV tersebut ialah sebagai wadah bagi para mahasiswa agar dapat memiliki pengalaman dalam mengelola suatu penyiaran televisi. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk promosi UPDM (B) kepada masyarakat luas, khususnya calon mahasiswa baru.

“Alasan besarnya ialah supaya mahasiswa memiliki wadah dalam mengelola suatu penyiaran televisi dan sebagai ajang promosi bagi universitas tentunya kepada calon mahasiswa baru nanti,” tuturnya.

Fakultas akan berkerja sama dengan Dekan Fikom, dosen serta orang-orang yang berkecimpung di pertelevisian Indonesia guna memberikan bimbingan mengenai hal-hal yang harus dilakukan dalam mengelola suatu penyiaran.

Catur menambahkan, bahwa nantinya siaran tersebut akan diisi dengan konten-konten layaknya media mainstream pada umumnya. “Konten yang akan dibuat nantinya ya standarnya konten-konten pertelevisian Indonesia, seperti acara religi, talkshow, berita, hiburan, dan film. Konten semua ini adalah untuk umum, bukan hanya untuk masyarakat kampus,” tambahnya.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak terkait belum dapat memastikan kapan program pemancar siaran TV ini bisa mulai dilaksanakan. Pasalnya, biaya yang akan dikeluarkan masih menjadi hambatan utama dalam menjalankan program tersebut.

Meskipun demikian, rencana pemasangan pemancar siaran TV tersebut disambut baik oleh para mahasiswa Fikom UPDM (B), Sukmawati salah satunya. Mahasiswa Fikom 2015 ini mengatakan bahwa rencana tersebut akan menjadi sangat positif apabila terlaksana, dan berharap UPDM (B) dapat melahirkan program studi broadcasting.

“Overall rencana tersebut bagus karena akan melatih skill mahasiswa Fikom. Harapanku ke depan adalah semoga akan diimbangin dengan adanya program studi Fikom yang baru, yaitu broadcasting,” pungkasnya.

Reporter : Liza Luai’ati Niswah

Versi cetak artikel ini terbit di WARTA Diamma edisi #61 November 2018, dengan judul “Fikom UPDM (B) Rencanakan Pasang Pemancar Siaran TV