Home Kampus Lembaga Investigasi dalam Seminar “Jurnalisme Data di Era Keterbukaan Informasi” – Day 3

Investigasi dalam Seminar “Jurnalisme Data di Era Keterbukaan Informasi” – Day 3

93
0
SHARE
Bagja Hidayat redakur pelaksana tempo.co sebagai pembicara Jurnalisme Investigasi. Foto : Diamma.com/Liza Luai’ati Niswah

Diamma.com– Media Publika yang merupakan salah satu WKM (wadah kegiatan mahasiswa) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), gelar seminar Jurnalistik selama tiga hari berturut-turut dengan mengangkat tema “Jurnalisme Data di Era Keterbukaan Informasi” .

Seminar pada hari ke-3 ini bertajuk “Jurnalisme Investigasi Teknik Reportase Berita” yang dilaksanakan pada (29/11), di Lab Humas Universitas. Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Materi tersebut disampaikan langsung oleh Bagja Hidayat yang merupakan Redaktur Pelaksana Tempo.co.

Bagja sendiri mengutarakan pendapatnya mengenai acara seminar tersebut, perlu sekali masyarakat terutama mahasiswa mengikuti perkembangan Invesitigasi karena di era kini, banyak berita hoax yang merugikan masyarakat.

Mahasiswa jadi mengerti apa itu jurnalisme, bagaimana mengecek fakta, memverifikasi peristiwa karena ini kan zaman hoax,  informasi yang banyak sekali kalau kita tidak tahu cara verifikasinya,  kita akan tersesat di belantara infromasi itu dan anda akan termakan kabar bohong dengan mudah,” tutur Bagja.

Peserta yang hadir ke acara tersebut juga sangat senang karena bisa mendengarkan pengalaman unik dari pembicaranya dan sangat berguna untuk kedepannya.

“Menurut saya acaranya inspiratif karena disitu kita bisa dengar pengalaman-pengalaman unik dari si pembicaranya yang berguna banget buat nambah pengetahuan tentang jurnalistik kita kedepannya,” Ucap Citra Rismawati mahasiswi Fikom 2017.

Bagja juga mengungkapkan harapannya untuk seluruh generasi muda agar berani menjadi jurnalis investigasi, “keep curious and more skeptic”.

Reporter : Faradilla Rachman
Editor : Gadis Ayu Maharani