Home Cetak WARTA: Fikom UPDM (B) Berhasil Pertahankan Akreditasi A

WARTA: Fikom UPDM (B) Berhasil Pertahankan Akreditasi A

70
0
SHARE
Sertifikat Akreditasi A Fakultas Ilmu Komunikasi UPDM (B). Foto : UPDM (B)

Fakultas Ilmu Komunikasi kembali mempertahankan akreditasi A untuk lima tahun ke depan usai menjalani berbagai penilaian yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Diamma.com– Fikom UPDM (B) berhasil mempertahankan akreditasi A dalam rangka pemenuhan standar Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 19 Oktober 2018.

Dalam prosesnya, terdapat tujuh standar penilaian akreditasi oleh BAN-PT. Ketujuh standar penilaian tersebut meliputi visi, misi, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, mahasiswa, sumber daya manusia (dosen), kurikulum, pembiayaan, sarana dan prasarana, serta penelitian.

Prasetya Yoga Santoso, selaku Dekan Fikom menjelaskan adanya standar penilaian dari BAN-PT yang harus dipersiapkan oleh fakultas untuk mendapatkan akreditasi A.

“Fakultas mengacu pada aturan-aturan yang berkaitan dengan syarat mendapatkan akreditasi A. Terdapat tujuh standar yang harus kita penuhi di dalam tiga borang. Di antaranya visi-misi, penjaminan mutu, kurikulum, sarana dan prasana,” jelasnya.
Dalam proses penilaiannya, Kepala Penjamin Mutu Fakultas Ilmu Komunikasi, Nono Sungkono, mengungkapkan alasan dibalik berhasilnya Fikom dalam mempertahankan akreditasi A.

“Persyaratan yang diperlukan BAN-PT dapat dipenuhi fakultas. Misalkan perubahan kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan bagi para pengguna untuk memenuhi dunia kerja. Konsentrasi Jurnalistik diberikan pelatihan jurnalistik dan diwadahi dengan uji kompetensi untuk menjadi wartawan yang siap pakai. Konsentrasi Humas pengajarnya praktisi kehumasan, begitu juga periklanan, para pengajarnya pun praktisi pada dunia periklanan,” ungkap Nono.

Yoga berharap kedepannya UPDM (B) dapat mempertahankan kualitas dan memperbaiki kekurangan dari hasil penilaian sebelumnya.

“Intinya sekarang kita punya waktu lima tahun ke depan yang harus kita jaga. Kekurangan-kekurangan kita harus diperbaiki. Contohnya dalam hal penelitian, mahasiswa sudah mulai melakukan dan mau terlibat penelitian-penelitian. Kemudian prestasi, jangan mau jadi jagoan kandang, di luar juga harus. Baik dari sisi keilmuan, prestasi olahraga, kesenian, dan entrepreneurship,” tutupnya.

Reporter : Gadis Ayu Maharani

Versi cetak artikel ini terbit di WARTA Diamma edisi #60 November 2018, dengan judul “Fikom UPDM(B) Berhasil Pertahankan Akreditasi A