Home Entertainment Gaya Hidup 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

434
0
SHARE
Bawang Putih. Foto : Volodymyr Plysiuk/Shutterstock

Diamma.com– Selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga berkhasiat untuk kesehatan. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis. Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan :

 

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Selain itu, bawang putih juga dapat memangkas kolesterol jahat hingga 15%.

 

  1. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan polisulfida pada bawang putih, terbukti mampu mengendalikan tekanan darah pada penderita hipertensi.

 

  1. Meredakan infeksi, pilek, dan radang

Bawang putih mentah yang kaya akan allicin ternyata bisa meredakan berbagai penyakit umum seperti pilek, radang, dan infeksi. Senyawa aktif allicin pada bawang putih memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme yang menyebabkan penyakit.

 

  1. Mencegah kanker

Kandungan senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih memiliki efek dalam melawan kanker. Ini karena senyawa sulfur bioaktif berfungsi untuk memperbaiki dan membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

 

  1. Meningkatkan imunitas

Semua kandungan yang terdapat pada bawang putih, terutama vitamin C-nya akan menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Kamu bias mengonsumsinya baik dengan cara dimakan mentah ataupun di jus.

 

Nah! Itulah beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan. Konsumsilah bawang putih sewajarnya agar khasiat yang didapatkan jauh lebih maksimal !

 

Penulis : Gadis Ayu Maharani
Editor : Gadis Ayu Maharani
(Dilansir dari beberapa sumber)