Home Travel Kuliner Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Dicoba!

Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Dicoba!

188
0
SHARE
Lezatnya Bakpia Pathuk oleh-oleh khas Jogja. Foto :bonvoyagejogja.com

Diamma.com– Wisata kuliner selalu menjadi bagian yang paling penting ketika travelling. Apalagi kalau kamu mengunjungi kota Yogyakarta. Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal dengan jajanan kulinernya yang selalu membekas di lidah. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Yogyakarta yang wajib untuk kalian coba, kira-kira apa saja ya ?

  1. Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas dari Yogyakarta dengan berbahan dasar nangka muda. Rasa asli gudeg yang manis akan lebih nikmat jika disajikan dengan nasi pulen, sambal goreng krecek, dan gurihnya kuah opor ayam serta tambahan telur, tahu, atau tempe bacem.

  1. Bakpia Pathuk

Berikut ini merupakan makanan yang tidak kalah enaknya. Bakpia berbentuk bulat pipih ini, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dilapisi oleh tepung, dan di masak dengan cara dipanggang. Bakpia pathuk ini adalah oleh-oleh khas Jogja loh!

  1. Sego Kucing / Nasi Kucing

Sego Kucing adalah nasi yang dibungkus di dalam daun pisang dengan campuran ikan teri, sambal, atau tempe di bagian atasnya dan memberikan kenikmatan berbeda di setiap lidah. Disebut dengan sego kucing karena nasi ini dibuat dalam porsi kecil, hanya beberapa kali suapan, seperti porsinya kucing. Sego kucing adalah menu utama di angkringan.

  1. Sate Klathak

Sate Klathak adalah sate kambing yang hanya dibumbui garam serta dibakar dengan menggunakan jeruji besi sepeda di atas bara arang. Tusukan jeruji besi sepeda inilah yang membuat sate klathak menjadi sate yang unik dan khas. Jeruji besi berfungsi untuk menghantarkan panas agar daging kambing matang dengan merata. Sate klathak dimakan dengan sajian kuah gulai.

 

Penulis : Faradilla Rachman
Editor : Gadis Ayu Maharani
(Dilansir dari beberapa sumber)