Home Entertainment Gaya Hidup Tips Mengatur Waktu untuk Mahasiswa Aktif

Tips Mengatur Waktu untuk Mahasiswa Aktif

79
0
SHARE
Seorang yang coba mengejar waktu untuk dirinya. Foto: bara1923.com

Diamma.com- Pengaturan waktu yang baik dapat membantu pemanfaatan waktu secara optimal untuk meraih kesuksesan. Sebagai mahasiswa, tentu kita memiliki kegiatan-kegiatan baik di dalam maupun di luar kampus.

Untuk itu tentu saja manajemen waktu yang baik sangat berpengaruh pada kegiatan yang kita lakukan. Ini dia beberapa tips untuk mahasiswa supaya bisa mengatur waktu dengan baik:

  1. Membuat jadwal kegiatan

Buatlah list kegiatan kamu secara terstuktur. Mulai dari waktu hingga kegiatan apa saja yang ingin dilakukan. Cara ini akan membuat kamu terhindar dari kegiatan atau waktu yang bertabrakan satu dengan lainnya

  1. Mengatur jadwal kegiatan secara fleksibel

Jadwal kegiatan yang disusun mungkin terkadang tidak sesuai dengan kenyataan. Kegiatan yang kamu rencanakan akan selesai dalam durasi tertentu bisa saja selesai lebih lama dari perkiraan kamu. Jadi, luangkan sedikit waktu untuk kegiatan-kegiatan yang tidak bisa tepat waktu saat mulai atau selesai.

  1. Memprioritaskan kegiatan tertentu

Jika mempunyai kegiatan-kegiatan yang memiliki jadwal yang sama, maka harus menentukan kegiatan mana yang lebih penting untuk dilakukan.

  1. Fokus pada satu kegiatan

Lakukan kegiatan secara bertahap sehingga menjadi lebih efektif. Jika memang sesuatu yang memaksa untuk multitasking, maka solusinya adalah dengan menyicil. Artinya, selesaikan satu kegiatan secara bertahap. Misalnya, pada satu waktu anda menyelesaikan kegiatan tertentu 25% dan pada lain waktu 50%, 75%, dan seterusnya hingga selesai.

  1. Hentikan tunda-menunda

Hal yang mungkin beberapa orang lakukan adalah menunda-nunda. Jika kegiatan tidak memungkinkan untuk ditunda, maka janganlah menunda kegiatan tersebut.

Nah itu dia tips mengatur waktu bagi mahasiswa aktif. Semoga bermanfaat.

Penulis: Octavia Dwi Lestari
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)