Home Entertainment Gaya Hidup 6 Manfaat Penggunaan Garam yang Tak Terduga

6 Manfaat Penggunaan Garam yang Tak Terduga

308
0
SHARE
selain penyedap rasa, garam juga bermanfaat bagi kecantikan. Foto: dailymoeslem.com

Diamma.com- Seperti yang kita ketahui, garam merupakan salah satu penyedap rasa asin untuk makanan. Garam memiliki kandungan utama iodium yang sangat berguna untuk mencegah penyakit gondok.

Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa garam memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh dan juga kecantikan. Berikut ulasan mengenai 6 manfaat garam bagi tubuh dan wajah :

  1. Masker Wajah

Memiliki wajah yang bersih dan cerah merupakan impian setiap orang, terutama wanita. Tanpa disadari, garam merupakan salah satu cara yang dapat membantu menghilangkan kulit usang pada wajah. Pemakaian garam secara rutin untuk dijadikan sebagai masker wajah dapat membantu mengurangi minyak yang berlebih pada wajah. Selain itu, pemakaian garam sebagai masker wajah juga dapat menghilang jerawat.

Cara penggunaan : Campur garam dengan buah – buahan (mentimun, tomat, apel, dll). Lalu oleskan pada wajah untuk digunakan sebagai masker wajah. Setelah itu, diamkan beberapa menit hingga kering. Kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Scrub Wajah

Scrub wajah rutin dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati yang membuat wajah terlihat lebih kusam dan menua. Tidak perlu ribet, hanya dengan campuran garam dengan minyak zaitun dapat membuat wajah terlihat lebih fresh, tampil lebih muda, kulit lebih lembut, kenyal dan bersinar secara alami.

Cara penggunaan : campurkan air garam dengan minyak zaitun. Lalu mulai lah dengan memijat wajah secara perlahan. Diamkan 10 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

  1. Sebagai Lulur

Treatment lulur sangat dibutuhkan bagi sebagian banyak perempuan. Selain untuk menjaga perawatan tubuh, lulur dapat membantu menghaluskan tubuh kita. Kali ini ada lulur versi mudah dan murah, hanya dengan garam. Penggunaan garam sebagai lulur dapat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh dan menghaluskan kulit. Selain itu juga waktu yang digunakan lebih efisien dan mudah diterapkan di rumah.

Cara penggunaan : Pertama basahi tubuh dengan air dingin, lalu lumuri bagian tubuh dengan garam. Lakukan dengan sedikit pijatan secara perlahan – lahan. Lalu bilas dengan air dan sabun hingga bersih.

  1. Membantu Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Memiliki bibir kering yang berdampak pada bibir pecah-pecah sangatlah menyebalkan. Bagaimana tidak, selain mengganggu penampilan juga tidak baik bagi kesehatan bibir kita. Biasanya penggunaan pelembap bibir berbahan kimia dijadikan solusi utama dalam mengatasi bibir kering. Namun bukan hasil sempurna yang didapatkan, melainkan efek negatif dari bahan kimia tersebut dapat berakibat tidak baaik bagi kesehatan bibir kita. Sekarang ada solusi lain untuk melembapkan bibir kering, yaitu hanya dengan menggunakan garam.

Cara penggunaan : step pertama, Campurkan tiga sendok garam dengan satu sendok Vaseline petroleum jelly. Setelah itu, aduk hingga rata dan gosokkan secara perlahan pada bibir untuk mengelupas kulit kering atau sel kulit mati pada bibir. Lalu setelah itu, bersihkan kulit-kulit yang tersisa menggunakan lap basah. Kemudian oleskan lip balm untuk bantu melembapkannya setelah melakukan perawatan.

  1. Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering pada kaki ataupun tangan dapat mengganggu penampilan kita. Terutama bagi perempuan, penampilan sangatlah penting baginya. Sehingga berbagai cara dilakukan untuk membantu mengatasi kulit kering pada tubuh.

Cara penggunaan : Siapkan air hangat yang telah dicampuri oleh garam. Rendam bagian kulit yang kering dengan sedikit pijatan perlahan atau dapat juga dengan menggosoknya dengan lembut (menggunakan sikat yanng halus). Setelah itu, bilas hingga bersih.

  1. Alat Detoksifikasi Kulit secara Alami

Selanjutnya garam sebagai pendetoksifikasi kulit. Garam dipercaya dapat melembabkan serta menghilangkan bakteri yang menutupi pori-pori pada wajah, serta mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Cara penggunaan : Basuhkan wajah dengan air garam dengan sedikit pijatan perlahan. Diamkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

Air garam ini dapat membantu menghilangkan racun pada wajah, menghilangkan sel kulit mati, sehingga membuat wajah terlihat lebih segar.

Nah, menarik bukan? selain mudah, metode penggunaan garam ini juga sangat bermanfaat bagi kecantikan wajah dan kesehatan tubuh kita tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Serta tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk perawatan wajah kita lho. Selamat mencoba girls !

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)