Home Sorot 5 Hal yang Patut Diperhatikan Menjelang Musim Hujan

5 Hal yang Patut Diperhatikan Menjelang Musim Hujan

82
0
SHARE
mulai memasuki musim hujan, pengendara wajib berhati-hati. Foto: autonetmagz.com

Diamma.com- Beberapa titik di daerah Jakarta dan sekitarnya terpantau sudah memasuki musim hujan, meskipun belum semuanya merata. Hal ini yang harus diperhatikan kepada pengendara roda dua dan roda empat saat musim hujan tiba:

  1. Cek Ramalan Cuaca

Ada baiknya jika pengendara roda dua ataupun roda empat ingin berpergian jauh, sebaiknya cek ramalan cuaca terlebih dahulu. Terutama bagi pengendara roda dua, karena saat membaca ramalan cuaca dengan cermat, apalagi sampai ramalan per jam, kalian bisa memprediksi apakah perjalanan kalian akan dihadang oleh hujan atau tidak, jika iya kalian bisa mempersiapkan jas hujan sebelum perjalanan.

  1. Persiapkan Jas Hujan dan Cek Wiper Mobil

Bagi pengendara roda dua hendaknya siap sedia jas hujan di motor sebelum melakukan perjalanan, karena prediksi cuaca terkadang tidak bisa ditebak. Sedangkan untuk pengendara roda empat selalu cek kondisi karet wiper pada mobil anda, apakah kondisinya masih layak atau harus diganti dengan yang baru dan selalu sedia payung di dalam mobil jika sewaktu-waktu ada keadaan darurat.

  1. Cek Kondisi Ban

Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi ban mobil atau motor kalian, karena komponen satu ini sangat berpengaruh saat musim hujan, jika ban yang digunakan oleh pengendara sudah cukup aus  “gundul” maka akan membahayakan si pengemudi dalam berkendara.

  1. Periksa Kondisi Penerangan Kendaraan

Saat hujan, penerangan menjadi satu-satunya jarak pandang yang dapat dilihat. Pengemudi motor atau mobil harus memastikan bahwa kondisi lampu utama dan lampu belakang mereka tidak bermasalah.

  1. Ketahui Kemampuan Kendaraan

Saat musim hujan yang menjadi permasalahan di kota-kota besar terutama Ibu Kota adalah banjir. Pengendara harus ekstra mengcek mesin kendaraan mereka, terlebih jika ada banjir hendaknya mereka menghindari titik genangan air agar kendaraan mereka tidak mogok ditengah jalan.

Penulis: Suryo Hardiantoro
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)