Home Sorot 4 Gejala Penyakit Skizofrenia yang Perlu Diketahui

4 Gejala Penyakit Skizofrenia yang Perlu Diketahui

68
0
SHARE
Skizofrenia merupakan penyakit yang disbabkan karena adanya gangguan pada otak dan berpengaruh pada perilaku si penderita. Foto: nationalgeographic.co.id

Diamma.com-, Skizofrenia atau gangguan mental yang biasanya muncul pada masa remaja akhir atau awal masa dewasa. Dilansir dari medicalnewstoday.co skizofrenia ditandai dengan gejala delusi, halusinasi, dan kesulitan kognitif lainnya, penyakit ini menjadi perjuangan seumur hidup.

Gejala tersebut merupakan gejala dari psikosis, yaitu kondisi di mana penderitanya kesulitan membedakan kenyataan dengan pikirannya sendiri. Berikut penjelasan beberapa gelaja penyakit Skizofrenia yang perlu kita ketahui.

  1. Delusi (Berkhayal)

Pasien yang mengidap penyakit skizofrenia akan sering berkhayal, memikirkan hal yang tidak nyata dan jauh dari kata sewajarnya. Bahkan, penderita skizofrenia tak jarang merasa terancam bahwa ada orang lain yang akan bertindak jahat kepada dirinya. Ada pun jenis delusi yang lainnya, mereka meyakini bahwa dirinya telah melakukan suatu penemuan penting atau memiliki talenta yang hebat.

  1. Kurangnya Motivasi

Penderita skizofrenia kehilangan dorongan atau motivasi di dalam kegiatannya sehari-hari. Mereka cenderung mengabaikan lingkungan sekitar, sehingga tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekelilingnya.

  1. Tidak Sadar Akan Penyakitnya

Delusi dan halusinasi yang tampak begitu nyata bagi para penderita skizofrenia, membuat penderita penyakit ini tidak sadar akan penyakit yang mereka alami. Mereka akan menolak untuk malakukan pengobatan, karena merasa itu sebagai ancaman bagi penderita skizofrenia.

  1. Pikiran dan Perkataan yang Memimbungkan

Orang yang menderita skizofrenia mengalami gangguan dalam berpikir rasional, yang juga akan mengakibatkan kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Mulai dari pembicaraan yang tidak berhubungan satu sama lain, perkataan yang diulang-ulang dan perkataan yang tidak masuk akal.

Penulis: Annisa Yulita
Editor: Siti Nurmayani Putri