Home Sorot 4 Fakta Menarik untuk Menyambut Bulan November

4 Fakta Menarik untuk Menyambut Bulan November

81
0
SHARE
ilustrasi: bacaanpopuler.com

Diamma.com- Bagi sebagian orang, bulan November adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya, selain kerap menjadi bulan peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, di bulan November juga terdapat peristiwa penting yang terjadi di dalamnya, diantaranya hari ulang tahun, hari pernikahan, ataupun hari kelahiran. Oleh karena alasan itu, bulan November menjadi bulan yang sakral bagi mereka.

Sehingga berbagai persiapan disiapkan untuk menyambut bulan kesebelas dalam kalender masehi ini. Namun, tahukah Anda bahwa John F. Kennedy, sang Presiden Amerika Serikat ke-35 dibunuh pada bulan November? Atau tahukah anda setidaknya ada 15 hari istimewa yang diperingati oleh bangsa Indonesia pada bulan November?

Itu semua merupakan sedikit fakta istimewa tentang bulan November. Dan berikut 5 Fakta bulan November yang Diamma.com sajikan:

  1. Penetapan Rupiah Sebagai Mata Uang Resmi Indonesia

Tahukah kalian bahwa Pada tanggal 2 November 1949, di akhir Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag menghasilkan berbagai keputusan dimana salah satunya ialah penetapan Rupiah sebagai mata uang resmi Republik Indonesia yang digunakan untuk kegiatan ekonomi dan transaksi dalam negeri.

Sebelum menjadi Rupiah, masyarakat Indonesia bertransaksi dengan menggunakan ORI (Oeang Republik Indonesia).

  1. Terdapat 15 Hari Istimewa di Indonesia

Di Indonesia paling tidak ada 15 hari istimewa yang dirayakan pada bulan November, yakni:

– 1 November: Hari Inovasi Indonesia

– 5 November: Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

– 10 November: Hari Pahlawan

– 10 November: Hari Ganefo

– 11 November: Hari Bangunan Indonesia

– 12 November: Hari Ayah Nasional

– 12 November: Hari Kesehatan Nasional

– 14 November: Hari Brigade Mobil (BRIMOB)

– 14 November: Hari Diabetes internasional

– 20 November: Hari Anak-anak Sedunia

– 21 November: Hari Pohon

– 22 November: Hari Perhubungan Darat

– 25 November: Hari Guru

– 28 November: Hari Menanam Pohon Indonesia

– 29 November: Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI)

  1. Banyak Negara Merdeka di Bulan Ini

November juga menjadi hari special bagi beberapa negara, dimana pada bulan November inilah beberapa negara merayakan Hari Kemerdekaannya. Negara-negara tersebut adalah Dominika (Tanggal 3), Kamboja (Tanggal 9), Polandia (Tanggal 11), Angola (Tanggal 11), Maroko (Tanggal 18), Latvia (Tanggal 18), Libanon (Tanggal 22), Suriname (Tanggal 25), Albania (Tanggal 28), Panama (Tanggal 28), Mauritania (Tanggal 28), Yaman (Tanggal 30), serta Barbados (Tanggal 30).

  1. Lahirnya Permainan Monopoli

Siapa yang tidak mengenal permainan Monopoli?, Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Permainan yang mengajarkan kita asas-asas ekonomi dengan cara yang sederhana ini diciptakan oleh Charles Darrow dan dijual secara luas oleh Perusahaan Parker Brothers pada tanggal 5 November 1935. Seiring berkembangnya zaman, kepopuleran dari permainan monopoli ini tak juga redup. Bahkan saat ini permainan sejenis ini sudah dapat dimainkan dalam bentuk versi yang berbeda.

Penulis: Liza Luaiā€™ati Niswah
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)