Merawat mata merupakan kegiatan penting untuk menjaga kesehatan mata. Foto: silolanginews.com

Diamma.com- Mata merupakan komponen tepenting bagi tubuh manusia, untuk itu sangat penting menjaga kesehatan mata agar terhindar dari iritasi. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mata dalam keseharian anda:

  1. Stop Mengucek Mata

Mata seringkali terkena kotoran-kotoran kecil seperti debu dan pasir. Untuk itu hindari mengucek mata saat terkena debu atau merasa gatal, karena saat anda mengucek mata, tanpa sadar kuman yang menempel pada tangan akan masuk ke dalam mata dan mengakibatkan mata anda merah, iritasi bahkan menjadi bengkak.

  1. Atur Jarak Pandang

Bagi para pekerja yang sehari-harinya selalu menatap layar laptop dan  komputer, sangat rawan terhadap kesehatan mata. Untuk itu tips menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan menjaga jarak pandang mata ke layar laptop atau komputer, minimal 50 cm. Sinar yang dipancarkan oleh laptop atau komputer dapat menyebabkan radiasi pada mata, untuk itu selain menjaga jarak pandang, pengaturan cahaya pada layar juga harus disesuaikan.

  1. Konsumsi Vitamin A

Mengkonsumsi vitamin A sangat bagus untuk menjagga kesehatan mata anda terlebih jika mengkonsumsi vitamin A secara rutin. Vitamin A dapat ditemukan pada buah dan sayur, seperti: tomat, wortel, apel, papaya dan lainnya.

Anda juga perlu mengecek kesehatan mata ke dokter spesialis, agar kesehatan mata anda tetap terjaga. Selain itu hindari rokok, karena bahaya asap rokok jika terkena mata bisa mengakibatkan penyakit seperti katarak san sel syaraf yang lain.

Penulis: Suryo Hardiantoro
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)