Home Entertainment Gaya Hidup 10 Manfaat Minum Madu Sebelum Tidur

10 Manfaat Minum Madu Sebelum Tidur

8139
0
SHARE
Khasiat minum madu. Foto: atlanticvetintmed.com

Diamma.com- Madu telah dijadikan sebagai obat tradisional sejak ratusan abad yang lalu. Manfaat madu ternyata sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia, selain sebagai obat tradisional yang berkhasiat untuk mengatasi batuk dan pilek, madu juga dapat mengobati infeksi saluran pernapasan bagian atas. Berikut adalah sepuluh manfaat mengkonsumsi madu sebelum tidur bagi kesehatan:

  1. Memicu hormon tidur

Insulin dapat merangsang pelepasan tryptophan di otak. Tryptophan kemudian diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi serta suasana hati yang baik dan membuat tidur nyenyak.

  1. Menjaga hati

Madu akan membuat hati memproduksi glukosa, yang akan memicu pelepasan banyak hormon pembakar lemak.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi madu sebelum tidur membuat tubuh membakar lebih banyak lemak pada malam hari. Madu mentah hanya mengandung 64 kalori per cangkir. Ini akan memberi rasa kenyang pada malam hari.

  1. Obat batuk

Madu  juga bermanfaat untuk mengobati batuk pada malam hari di kalangan anak-anak. Meminum dua sendok teh madu, 30 menit sebelum tidur akan membebaskan anak dari batuk.

  1. Membantu pencernaan

Minumlah madu dengan segelas air hangat sebelum tidur, cara tersebut untuk membantu membersihkan racun yang ada dalam sistem pencernaan tubuh.

  1. Mengatasi kelaparan saat malam

Meminum madu sebelum tidur, akan menaikkan kadar gula darah.

  1. Madu untuk obesitas

Mengkonsumsi air hangat yang dicelupkan lemon dengan satu sendok teh madu akan membantu mengurangi lemak perut.

  1. Madu untuk kulit sehat

Antibakteri, antijamur, dan antioksidan dalam madu menjadikannya obat yang luar biasa untuk memiliki kulit yang sehat. Sifat-sifat ini membantu menjaga kulit tetap halus dan lentur jika mengkonsumsi madu sebelum tidur.

  1. Mengurangi risiko diabetes

Meminum madu setiap malam, bahkan dapat membantu mengurangi kadar glukosa darah.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu juga kaya polifenol, antioksidan yang dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan jantung, kanker dan mencegah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Penulis: Suryo Hardiantoro
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)