Home Entertainment Gaya Hidup Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

8581
0
SHARE
Say goodbye to belly fat!. Foto : mysuperbeauty.com

Diamma.com- memiliki berat badan yang berlebih merupakan salah satu mimpi buruk bagi sebagian perempuan. Selain mengganggu penampilan, memiliki berat badan berlebih juga tidak sehat bagi tubuh.

Beragam cara dilakukan oleh kebanyakan perempuan demi mendapatkan tubuh yang ideal, salah satunya dengan berolahraga. Tau gak sih girls? Selain cara di atas, ada juga lho cara menurunkan berat badan yang mudah dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.

Berikut cara menurunkan berat badan dengan mudah:

  1. Aktif bergerak

Tidak berolahraga bukan berarti tidak membuang kalori yang terdapat dalam tubuh. Kita dapat membakar banyak kalori hanya dengan aktif bergerak atau melalukan berbagai aktivitas.

  1. Mengunyah makanan secara perlahan

Mengunyah makanan secara perlahan lalu merasakan rasa makanan tersebut, dan menelannya dapat membuat sadar bahwa kita sedang makan. Sehingga otak akan memproses kesadaran dan dapat meningkatkan rasa kenyang.

  1. Jangan menaruh makanan tidak sehat di wadah yang terlihat

Makanan tidak sehat memang memiliki tampilan dan rasa yang menarik bagi penikmatnya. Makanan tidak sehat ini, biasanya memiliki wadah tersendiri yang mudah dipandang dan dijangkau, sehingga keinginan untuk mengkonsumsi makanan berkalori tinggi akan lebih tinggi.

  1. Menggunakan piring dengan ukuran lebih kecil

Penggunaan piring dengan ukuran lebih kecil dapat merangsang otak dan menampakkan makanan terlihat lebih banyak. Hal ini dapat membantu mengurangi porsi makan yang berlebih.

  1. Hindari makan sambil melakukan kegiatan lain

Makan yang dibarengi dengan melakukan suatu kegiatan lain dapat meningkatkan kalori hingga 25%. Hal ini dikarenakan otak tidak dapat merangsang seberapa banyak kalori yang telah dikonsumsi karna terpecah dengan fokus kegiatan lainnya.

  1. Hindari makan malam menjelang tidur

Makan menjelang tidur sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan, karena tidak adanya aktivitas yang dilakukan setelahnya. Sehingga tidak adanya pembakaran lemak dan nantinya tertimbun dalam tubuh. Makan malam bisa diganti dengan memakan sayuran yang direbus tanpa nasi.

  1. Biasakan minum air putih secara rutin

Membiasakan minum air putih sebelum makan dapat mengurangi kalori pada makanan yang akan kita konsumsi. Hal ini karena air putih dapat menimbulkan rasa kenyang terlebih dahulu, sehingga akan lebih sedikit makanan yang akan dikonsumsi.

  1. Atur pola tidur dengan benar

Hormon leptin (hormon perangsang rasa lapar) dan hormon ghrelin akan terganggu jika kita kurang tidur. Jika hormon-hormon tersebut terganggu, rasa lapar pun akan meningkat.

Nah, itu dia 8 cara menurunkan berat badan dengan sangat mudah tanpa perlu olahraga. Gimana girls tertarik untuk mencobanya?

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)