Home Entertainment Gaya Hidup Manfaat Hadirnya Marketplace

Manfaat Hadirnya Marketplace

140
0
SHARE
Ilustrasi cara kerja marketplace. Foto: STID DI Al-Hikmah

Diamma.com- Marketplace merupakan model bisnis berbasis online yang memudahkan penjual dan pembeli melakukan aktivitas jual-beli dalam sebuah situs.

Salah satu kemudahannya ialah dapat mengontrol produk-produk dari balik layar handphone. Sebab itu Bayu Wibowo (22), memanfaatkannya dan menjadi salah satu penjual di marketplace. Ia mengatakan, berjualan di marketplace mengatasi masalahnya dalam mengelola bisnis.

“Bisa kontrol produk-produk lewat handphone, jadi terasa mudah. Melayani konsumen pun juga lewat fitur chatting,” jelas Bayu.

Tak hanya itu, menurut Bayu berbisnis di marketplace dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Sebab, ia merasa hal itu tidak mengganggu kegiatan lainnya.

Di sisi lain, pembeli pun dapat memperoleh manfaat dari hadirnya marketplace. Salah satunya Gemi Kusmeinizy (20). Ia merasakan keuntungan karena aksi belanja yang menjadi lebih singkat.

“Sangat terbantu dong sis, lebih menghemat waktu dan jadinya lebih praktis,” akunya.

Selain itu dalam marketplace, ia dapat menemukan produk-produk yang tidak bisa ditemukan di Indonesia. Kemudian Gemi juga berpesan, sebagai pembeli jadilah orang yang bijaksana dalam membeli suatu produk.

“Sebagai pembeli harus pintar dan cermat dalam memilih online shop. Jangan mudah terlena harga murah atau foto barangnya bagus saja. Harus dilihat juga review dari konsumen yang sudah pernah membeli barang tersebut,” pesannya.

Reporter: Risthi Amelia Sary
Editor: Siti Nurmayani Putri