Home News Nasional ‘Finance Minister of the Year East Asia Pacific’ untuk Sri Mulyani

‘Finance Minister of the Year East Asia Pacific’ untuk Sri Mulyani

90
0
SHARE
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dinobatkan sebagai menteri terbaik 2018. Foto: kompas.com

Diamma.com- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dinobatkan sebagai The Finance Minister of the Year untuk Asia Timur dan Pasifik Tahun 2018. Penghargaan ini diberikan di sela-sela pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Bali, Sabtu (14/10/2018) malam.

Anugerah Finance Minister of the Year East Asia Pacific ini diberikan atas kiprah Sri Mulyani mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang saat kembali menjabat sebagai Menteri keuangan untuk kedua kalinya. Kebijakan Sri Mulyani dianggap kredibel dan efektif.

Atas penghargaan tersebut, Sri Mulyani ingin kementeriannya mempelajari standar yang diterapkan oleh sang pemberi gelar. Mantan Direktur Bank Dunia itu mengatakan apabila kriteria yang menjadi penilaian adalah soal efektifitas dan kredibilitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, maka kriteria itu cukup baik.

“Artinya itu menunjukkan apa yang selama ini sudah dikerjakan oleh Kementerian Keuangan,” ujar Sri Mulyani.

Pada era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sri Mulyani juga pernah menjadi Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selama sekitar satu tahun, yaitu pada 13 Juni 2008 – 20 Oktober 2009, sebelum digantikan oleh Hatta Rajasa. Ia juga pernah menjadi Kepala Bappenas selama satu tahun, yaitu pada 21 Oktober 2004 – 7 Desember 2005.

Beberapa waktu lalu, Sri Mulyani pernah dinobatkan sebagai tokoh perempuan Indonesia termasyhur (top person) dan tervokal (top influencer) di media massa dalam satu tahun terakhir. Hal tersebut merupakan hasil riset yang dilakukan Indonesia Indicator mulai 1 April 2017 hingga 1 April 2018.

Sri Mulyani juga telah memperoleh beberapa penghargaan seperti Menteri Keuangan terbaik Asia 2006 oleh Emerging Markets Forum di Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF, Singapura 2006 dan Menteri Keuangan terbaik 2006 oleh majalah Euromoney.

Ia juga dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes 2008, dan terakhir dinobatkan sebagai menteri terbaik dunia pada World Government Summit di Dubai Februari 2018.

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)