Home News Nasional Revitalisasi Pantai Pangandaran bak Hawaii, Ridwan Kamil: Saya Rasa Kita Bisa Lah

Revitalisasi Pantai Pangandaran bak Hawaii, Ridwan Kamil: Saya Rasa Kita Bisa Lah

42
0
SHARE
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Foto: jabar.tribunnews

Diamma.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merencanakan revitalisasi pantai pangandaran untuk kemudian dijadikan tempat wisata kelas dunia. Upaya orang no. 1 di Jawa Barat yang biasa dipanggil Emil ini didukung oleh Pemerintah provinsi setempat, dan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan industri pariwisata di Kawasan Jawa Barat.

“Pantai Pangandaran akan direvitalisasi dan ditata untuk jadi wisata kelas dunia. Kerja sama Pemprov Jabar dan Pemkab Pangandaran. Sepanjang garis pantai timur dan pantai barat akan ditata, diberi jalur pejalan kaki yang rindang dan nyaman. Impiannya seperti Waikiki Beach di Hawaii,” tulis Emil dalam suatu unduhan Istagaram nya.

Untuk mewujudkan impianya, pemerintah siap menggoceh anggaran yang tidak sedikit. ”Juga akan dibangun Pusat Budaya Sunda seperti di Ubud Bali. Anggaran 40-65 milyar rupiah, dari APBD Propinsi dan APBD Kab. Pangandaran, akan dibelanjakan untuk proyek ini tahun 2019,” ungkap Emil.

 

Impian ini juga telah diawali dengan penyususan design oleh Bupati setempat, selain itu Emil berharap dengan diadakan proyek ini, pantai pangandaran bisa lebih bagus untuk dikunjungi menjadi tempat wisata dan tidak kumuh lagi.

“Kita sudah kerja sama, lagi didesain dengan Pak Bupati, nanti Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Barat akan kita desain sehingga di sana tidak terjadi kekumuhan, mau menengah atas, menengah bawah semua berinteraksi di sebuah penataan pantai Pangandaran,” jelasnya.

“Saya pernah ke Hawaii beberapa kali, saya kira bisa lah gak susah asal kita ikuti pola yang kita akan desain dan masyarakatnya ikut aturan. Kita harus naik kelas dari penataan biasa jadi luar biasa, “tutupnya.

Penulis: Deske Desiana
Editor: Alya Farah
(Dilansir dari beberapa sumber)