Home News Nasional Gempa Bumi 6,4 SR Guncang Jawa Timur dan Bali

Gempa Bumi 6,4 SR Guncang Jawa Timur dan Bali

46
0
SHARE
Gempa Bumi 6,4 SR Guncang Jawa Timur dan Bali. Foto: kaltim.tribunnews.com

Diamma.com- Indonesia kembali diguncang gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,4 pada skala Richter (SR). Kali ini bencana tersebut terjadi di wilayah Jawa Timur dan Bali, Kamis (11/10) dini hari , pukul 01.57 WIB.

Dilansir dari bbc.com hasil pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa berada di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km.

Guncangan gempa yang memakan tiga korban jiwa tersebut, dirasakan pula oleh masyarakat Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

“Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama 2-5 detik. Masyarakat berhamburan ke luar rumah. Sedang di daerah lain gempa dirasakan sedang selama 2-5 detik,” ujar Sutopo warga Desa Prambanan, Kecamatan Gayam , Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

Seperti yang kita ketahui, belum lama ini wilayah Palu dan Donggala diguncang gempa berkekuatan 7,4 SR dan disusul tsunami dengan ketinggian 11,3 meter pada Jumat (28/09). Sampai saat ini jumlah korban mencapai 2.045 jiwa.

Penulis: Annisa Yulita
Editor: Siti Nurmayani Putri