Home Entertainment Gaya Hidup 3 Tips di Minggu Awal Kuliah untuk Mahasiswa Baru

3 Tips di Minggu Awal Kuliah untuk Mahasiswa Baru

145
0
SHARE
Kegiatan ospek mahasiswa baru sebelum kegiatan perkuliahan dimulai. Foto: moestopo.ac.id

Diamma.com – Awal semester ajaran baru bagi mahasiswa akan segera dimulai. Khususnya bagi kamu mahasiswa baru (maba) yang akan menjalani masa perkuliahan sebentar lagi.

Setelah melalui berbagai perjalanan panjang dari mulai daftar ulang, mengikuti ospek, dan lainnya, kini kamu akan memulai babak baru dalam perjalanan pendidikanmu. Berikut tips bagi kalian para maba di minggu awal kalian kuliah :

  1. Cek jadwal kuliah dengan teliti

Tentunya bagi mahasiswa baru, kegiatan akademik masih merupakan prioritas utama, kan? Maka dari itu pasti kalian nggak mau kalau baru hari pertama aja sudah telat masuk kelas, salah masuk kelas, atau bahkan absen. Nah, kalau ingin terhindar dari hal-hal diatas, alangkah lebih baik kalau kamu mengcek jadwal kuliah sejak malam sebelumnya.

  1. Kenali lingkungan sekitar kampus

Tempat makan, tempat nongkrong, tempat print dan fotocopy, serta berbagai tempat lainnya wajib banget untuk kamu ketahui,lho. Mumpung masih awal kuliah, kegiatan perkuliahan pasti belum padat. Nah, waktu luang ini bisa kamu manfaatkan untuk mengenali lingkungan di sekitar kampusmu. Kedepannya dijamin akan banyak membantu kamu untuk kebutuhan selama di kampus, jadi kamu nggak akan buang-buang waktu lagi untuk mencari tempat yang ingin dituju.

  1. Pilih pergaulan

Tak bisa dipungkiri bahwa dunia perkuliahan akan membuka mata kamu akan lingkungan masyarakat luas. Kamu akan bertemu dengan berbagai macam tipe orang dengan sifat dan perilaku yang berbeda. Maka dari itu, awal pendewasaan diri akan dimulai di sini.

Tentu tidak ada salahnya untuk mengenal dan sekedar berteman dengan siapa saja, namun teman pergaulanlah yang harus kamu pilih. Jika kamu pandai memilih teman pergaulan, maka kehidupan perkuliahanmu akan berjalan seru. Jangan sampai terjerumus ke hal-hal yang nantinya justru akan merugikan kamu, ya!

Nah, Itu dia beberapa tips yang bisa coba saat masih menjadi mahasiswa baru. Dunia perkuliahan memang seru, namun kita tetap dituntut untuk bertanggungjawab dengan diri sendiri.

Selama kamu melakukan hal-hal positif sebagai mahasiswa dan menjadi mahasiswa yang aktif, gelar sarjana akan kamu dapat tidak dalam waktu lama. Selamat datang di dunia Mahasiswa!

Penulis: Octavia Dwi Lestari
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)