Home Entertainment Budaya 3 Mitos Populer yang Ada di Indonesia

3 Mitos Populer yang Ada di Indonesia

44
0
SHARE
ilustrasi fakta atau mitos. Foto: isigood.

Diamma.com- Sejak dulu pasti kita pernah mendengar mitos-mitos yang pernah di katakan oleh orang tua, mulai dari larang-larangan yang jika dilanggar akan mendatangkan nasib sial kepada orang yang melanggarnya bahkan banyak orang menyebutnya kutukan.

Namun di era generasi milenial ini,hal tersebut justru menjadi bahan cemoohan karena secara harfiah hal seperti itu berada diluar nalar atau logika yang ada. Berikut beberapa larangan atau mitos nyeleneh yang ada di indonesia:

1.Menyapu tidak bersih, suami akan brewokan.

Biasanya mitos seperti ini diberikan kepada anak perempuan yang mulai beranjak remaja saat menyapu rumah atau halaman, hal ini tentu hanya mitos belaka jika memang nanti anak perempuan itu mendapatkan pasangan brewokan mungkin saja dia pasangan yang ideal untuk si perempuan.

2.Anak kecil yang main saat datang waktu magrib, akan diculik wewe gombel.

Tentu banyak orang yang takut dengan jenis hantu yang satu ini. Dengan ciri khas berdada besar menjulur kebawah hantu ini siap menculik anak-anak yang masih berkeliaran hingga magrib. Hantu ini dijadikan para orang tua untuk menakuti anak-anaknya agar tidak bermain hingga magrib.

3.Bersiul malam hari, setan akan datang.

Anak-anak sering kali bersiul ketika malam menjelang mereka ingin tidur, saat bersiul orang tua pasti akan langsung mengingatkan agar sang anak berhentikan kebisaan tersebut karena akan mengundang setan. Nyatanya itu hanyalah mitos yang di gunakan para orang tua untuk membuat anaknya tenang dan tetap diam ketika mereka menjelang tidur.

Itulah 3 mitos populer yang ada di Indonesia. Namun tidak ada salahnya mempercayai mitos yang ada. Walaupun yang di katakan merupakan hal yang di luar logika, mungkin tersembunyi niat baik dibalik mitos-mitos tersebut.

Penulis: Edo Rifaldi
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)