Home Entertainment Budaya Mengenal Tradisi Upacara Kematian di Tana Toraja

Mengenal Tradisi Upacara Kematian di Tana Toraja

70
0
SHARE
Tumpukan peti mati yang di letakan di goa. Foto: Diamma.com/Fitri Febriyanti

Diamma.com- Tana Toraja merupakan kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan. Keragaman budaya dan tradisi yang kental menjadikan kabupaten Tana Toraja terkenal hingga Mancanegara.

Lepercayaan yang di anut masyarakat Toraja adalah “aluk” yang memilki budaya dan ritual yang unik. Salah satunya adalah Tradisi Upacara Kematian yang biasa di sebut “rambu solo”. Upacara ini terbilang unik, karena di dalam upacara tersebut terdapat beragam rangkaian kegiatan yang sangat rumit.

Mulai dari persiapan untuk pemakaman, peti mati, serta di haruskan untuk menyembelih babi dan kerbau sesuai dengan kasta mereka masing-masing, semakin tinggi kasta orang yang meninggal semakin banyak juga babi dan kerbau yang harus di sembelih.

Oleh karena itu, upacara ini membutuhkan biaya yang sangat mahal. Dan dan yang membuat upacara ini semakin unik yaitu mayat tidak di kuburkan melainkan di letakan di dalam gua atau di biarkan di gantung di atas tebing. Jika peti jenazah di letakan semakin tinggi di atas maka masyarakat percaya perjalnan arwah akan cepat sampai di akhirat.

Reporter: Fitri Febriyanti
Editor: Siti Nurmayani Putri