Home News Nasional Hari Ini Satelit Telkom Indonesia Siap Meluncur ke Luar Angkasa

Hari Ini Satelit Telkom Indonesia Siap Meluncur ke Luar Angkasa

153
0
SHARE
Satelit Merah Putih Milik Telkom Indonesia. Foto: tribunnews.com

Diamma.com- Satelit Telekomunikasi Indonesia yang bernama Satelit Merah Putih siap untuk diluncurkan ke luar angkasa pada 7 Agustus 2018.

Peluncuran satelit akan dilaksanakan di SpaceX Cape Carnaveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat.

Satelit Merah Putih dibuat oleh SSL (Space Systems/Loral) yaitu perusahaan pembuat satelit yang ternama dan akan diluncurkan dengan roket falcon 9 buatan perusahaan milik Elon Musk yaitu SpaceX.

Satelit Merah Putih mengandalkan platform SSL 1300 yang didesain memiliki daya ketahanan 16 tahun.

Satelit Merah Putih atau Telkom-4 akan membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, serta 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan.

Menteri BUMN Rini Soemarno berharap Satelit Merah Putih bisa menjalankan tugas menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia dan mempermudah akses komunikasi bagi rakyat Indonesia

“Dengan begitu, Satelit Merah Putih bisa menjalankan tugas menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia, serta mempermudah dan memperluas akses komunikasi bagi seluruh rakyat indonesia,” ujarnya.

Bagi masyarakat Indonesia yang penasaran dalam proses peluncuran satelit Telkom dapat menyaksikan melalui siaran Live Streaming di Channel Youtube Telkom Indonesia atau di platform video streaming milik Telkom Indonesia, UseeTV. Siaran langsung akan dimulai sejak pukul 12:00 WIB.

Penulis: M. Taufiq Wicaksono
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)