Home News Internasional Selamat Tinggal Asimo

Selamat Tinggal Asimo

147
0
SHARE
Robot Asimo berteknologi humanoid. Foto: techworm.net

Diamma.com- Honda resmi menghentikan pengembangan robot yang berteknologi humanoid pertamanya yaitu Asimo.

Bagi anda yang menyukai dunia robotik tentu mengenal robot yang bernama Asimo, namun bagi anda yang tidak mengetahuinya pasti bertanya-tanya siapa Asimo.

Asimo adalah singkatan dari Advanced Step In Innovative Mobility yang merupakan robot yang di tanamkan kecerdasan buatan sehingga dapat berjalan dengan dua kakinya, dapat melakukan beberapa aksi sederhana seperti mengenali obyek bergerak, menentukan jarak dan arah obyek, memahami perintah suara dan gerakan manusia, dan mampu menavigasi secara mandiri berkat sensor di dalam tubuhnya.

Asimo dilahirkan pada tanggal 31 Oktober 2000 dari hasil program Research and Development robotik Honda yang didirikan pada 1986.

Robot Asimo saat masa jayanya sudah melakukan tur keliling dunia yang dimulai pada tahun 2005 dan yang paling diingat adalah saat Asimo berinteraksi dengan presiden Amerika saat itu yaitu Barack Obama.

Selama hidupnya robot Asimo banyak menginspirasi anak muda dalam menciptakan robot humanoid serupa maupun robot dengan kemapuan lain.

Honda selaku pengembang Asimo menyatakan akan tetap melanjutkan pengembangan robot humanoidnya, namun mungkin tidak menggunakan nama Asimo. Honda juga memastikan bahwa tim pengembangan robotnya masih akan aktif.

Untuk program robotik Honda sendiri, mereka baru saja mengumumkan empat robot konsep di event CES 2018. Keempat robot tersebut terdiri dari robot pendamping, kendaraan off-road otonom, dan dua robot konsep untuk membantu mobilitas yang semuanya hadir dengan tampilan yang lucu dan menggemaskan.

Penulis: M. Taufiq Wicaksono
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)