Home News Nasional Ritual Potong Rambut Gimbal jadi Puncak Acara Dieng Culture Festival 2018

Ritual Potong Rambut Gimbal jadi Puncak Acara Dieng Culture Festival 2018

55
0
SHARE
12 anak gimbal yang siap di ruwat di samping Candi Arjuna. Foto: Diamma.com/Gadis Ayu Maharani

Diamma.com- Sejak dimulainya Festival Budaya Dieng yang ke-9 pada Jumat (3/8), beragam pertunjukan acara dan festival telah ditampilkan. Proses Pemotongan Rambut Gimbal pun menjadi puncak acara Dieng Culture Festival 2018.

Prosesi yang dilaksanakan di Kawasan Wisata Candi Arjuna, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Minggu (05/08) diikuti oleh 12 anak perempuan berambut gimbal dari berbagai daerah yang siap di ruwat.

Ritual dimulai dengan jamasan rambut gembel, prosesi ruwat rambut gembel, dan prosesi larungan rambut gembel.

Proses pemotongan rambut ini terlihat dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta Istri, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah Urip Sihabudin, Perwakilan dari Kementrian Pariwisata, dan dihadiri oleh penyanyi sekaligus penulis lagu dari Jepang, Hiroaki Kato, yang turut mengisi acara di Senandung Negeri di Atas Awan – Dieng Culture Festival 2018.

Alief Fauzi, Ketua Pokdarwis Pandawa mengatakan pada ruwatan kali ini diprioritaskan bagi anak-anak gembel dari kalangan keluarga yang kurang mampu.

Penulis: Gadis Ayu Maharani
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)