Home News Internasional Fenomena Momo Challenge Membahayakan Penggunanya

Fenomena Momo Challenge Membahayakan Penggunanya

384
0
SHARE
Tantangan ‘Momo Challenge’ merenggut nyawa seorang gadis usia 12 tahun di Argentina. Foto: kaltim.tribunnews.com

Diamma.com- Sosial media saat ini semakin digandrungi oleh seluruh lapisan masyarakat. ‘Keke Challenge’ merupakan salah satu fenomena yang mejadi viral di sosial media. Tak hanya para artis, challenge ini pun diikuti oleh seluruh kalangan masyarakat.

Baru-baru ini, muncul sebuah permainan yang diberi nama ‘Momo challenge’. Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, Momo Challenge merupakan salah satu permainan yang menantang penggunanya untuk menghubungi ‘Momo’, mengirim pesan dan gambar yang menakutkan kepada nomor yang tak dikenal melalui WhatsApp.

Foto profil yang dipasang oleh ‘Momo’ merupakan sosok wanita menyeramkan, yang ternyata sebuah patung karya seniman Jepang Midori Hayashi.

Sama halnya dengan Keke challenge, Momo challenge pun dapat membahayakan bagi para penggunanya. Bahkan, permainan ini diduga telah merenggut nyawa seorang gadis berusia 12 tahun di Argentina. Menurut Buenos Aires Times, Momo Challenge memberikan tantangan yang mendorong gadis tersebut untuk melakukan bunuh diri.

Permainan ini membuat orang tua khawatir, karena nampaknya menargetkan para remaja. Tantangan menyeramkan ini telah dilaporkan di beberapa negara di seluruh dunia, termasuk Argentina, Meksiko, Amerika Serikat, Perancis, dan Jerman, meskipun sejauh ini tampaknya paling populer di Amerika Latin.

Polisi Spanyol pun telah memberikan peringatan untuk mengabaikan tantangan tidak masuk akal yang muncul di WhatsApp. “Jangan bergabung dengan Momo Challenge. Jika kamu mencatat nomor lalu akan melihat wajah perempuan yang aneh, itu adalah virus WhatsApp terbaru yang kini populer di kalangan remaja,” jelas pihak kepolisian Spanyol di Twitter.

Penulis: Annisa Yulita
Editor: Siti Nurmayani Putri