Home News Olahraga Mengenal Sosok Rui Patricio, Pembelian Teranyar Wolverhampton Wanderes.

Mengenal Sosok Rui Patricio, Pembelian Teranyar Wolverhampton Wanderes.

170
0
SHARE
Rui Patricio (tengah) sedang diapit oleh Pepe (kiri) dan Cristiano Ronaldo (kanan) saat Portugal berhadapan dengan Spanyol pada Sabtu (16/6) kemarin. Foto: wolves.co.uk

Diamma.com- Tim promosi Liga Inggris secara resmi telah mendatangkan kiper nomor satu asal Portugal, Rui Patricio pada senin (21/6/) kemarin melalui official websitenya.

Ketangguhannya dalam menjaga gawang serta reputasinya yang cukup baik di tim nasional Portugal membuat beberapa orang terkejut atas keputusannya memilih Wolverhampton sebagai pelabuhan selanjutnya dalam berkarir sepakbola.

Lantas, bagaimana sejarah karir seorang kiper berusia 30 tahun tersebut  hingga banyak membuat penikmat sepakbola terkejut dengan kepindahannya menuju tim yang baru saja promosi ke Liga Inggris, Wolverhampton Wanderes.

Berikut Diamma.com rangkumkan sejarah singkatnya :

Rui Patricio memulai karir sepakbola profesionalnya dengan klub asal Portugal, Sporting Club de Portugal yang berbasis di kota Lisbon pada bulan November 2006.

Saat itu ia bermain selama 90 menit penuh kala Sporting CP berhasil mengalahkan Maritimo 1-0, sejak pertandingan itu pula Patricio telah memberikan lebih dari 450 penampilannya untuk klub asal Portugal tersebut.

Rui Patricio juga merupakan kiper yang berpengalaman di dalam kompetisi Liga Champions.

Ia melakukan debutnya di liga tersebut saat tiba di Old Trafford guna menantang Manchester United pada musim 2007/2008. Kala itu Cristiano Ronaldo berhasil membuat Manchester United menang 2-1 atas Sporting CP.

Kesuksesan pertama Patricio datang pada musim 2008 kala Sporting CP berhasil memenangkan piala Taça de Portugal usai berhasil menaklukan FC Porto di partai final dengan skor 2-0.

Saat itu Patricio bermain selama 90 menit penuh. Di tahun 2015 ia berhasil memenangkan trofi yang sama, bahkan di laga tersebut ia berperan sebagai kapten tim.

Tahun 2008 menjadi tahun yang mengesankan bagi Sporting CP, dimana dampaknya membuat Patricio dipanggil oleh tim nasionalnya pada tahun tersebut.

Meskipun ia harus menunggu hingga November 2010 untuk dapat melakukan penampilan pertamanya (menang 4-0 atas Spanyol).

Hingga sampai saat ini, ia telah membukukan 70 kali penampilan bersama timnas Portugalnya yang juga sedang berjuang di Piala Dunia 2018.

Pada tahun 2010, ia menjadi salah satu kunci perjuangan Sporting CP di Liga Portugal.

Dimana saat itu Patricio juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik di klub Sporting CP tersebut. Ia terus menjadi kunci untuk tahun-tahun selanjutnya di Sporting CP.

Prestasi terbesar Patricio adalah saat turut berkontribusi dalam kesuksesan timnas Portugal menjuarai Euro 2016 yang di adakan di Perancis.

Dimana ia berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan saat berhadapan dengan Perancis di partai Final dan membuat Portugal berhasil mempertahankan kedudukan 1-0 nya hingga wasit meniup peluit akhir.

Kontribusinya tersebut membuat nama Rui Patricio masuk ke dalam nominasi penghargaan Ballon d’Or pada tahun 2016, di mana namanya terpilih untuk masuk ke dalam 30 besar.

Penghargaan itu sendiri pada akhirnya jatuh ke tangan rekan senegaranya Cristiano Ronaldo.

Terakhir, ia sedang fokus bermain untuk timnas Portugal dalam laga penyisihan grup B Piala Dunia 2018. Dimana Rui Patricio telah berkontribusi di dalam pertandingan melawan Spanyol (Imbang 3-3) dan Maroko (Menang 1-0).

Itulah beberapa sejarah menarik mengenai sepak terjang Rui Patricio dalam berkarir di dunia sepakbola.

Tentunya sebagai penikmat sepakbola kita semua berharap bahwa Patricio dapat melakukan yang terbaik terhadap klub barunya, Wolverhampton Wanderes FC.

Penulis:M. Haedar Fashal
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)