Home News Olahraga Laporan Pertandingan: Kolombia 1-2 Jepang

Laporan Pertandingan: Kolombia 1-2 Jepang

150
0
SHARE
Jepang menjadi negara Asia pertama yang mampu kalahkan tim asal Amerika Latin. Skor 2-1 untuk kemenangan Jepang. Foto: twitter.com/FifaWorldCup

Diamma.com- Jepang meraih kemenangan atas Kolombia dengan skor 2-1 pada Selasa (19/6) di Mordovia Stadium, Rusia.

Hasil ini menjadikan Jepang sebagai negara Asia pertama yang mampu mengalahkan negara asal Amerika Latin.

Jepang membuka skor terlebih dahulu di menit ke-3. Tendangan dari luar kotak penalty yang dilancarkan Shinji Kagawa ditepis oleh gelandang Kolombia, Carlos Sanchez.

Tanpa ragu, wasit mengeluarkan kartu merah untuk Sanchez dan memberikan hadiah tendangan penalty untuk Jepang. Penalty tersebut berhasil dieksekusi oleh Kagawa yang mengarah ke tengah gawang. Skor 1-0 untuk Jepang.

Bermain dengan sisa 10 pemain, Kolombia belum mau menyerah. Kedua tim tampak saling jual beli serangan di babak pertama. Ujung tombak Kolombia, Radamel Falcao, menjadi ancaman bagi Jepang.

Di menit 11, Falcao mampu melepaskan diri dari pemain Jepang. Sayang, kiper Jepang masih sigap di depan gawang untuk mengamankan tendangan Falcao.

Momen yang ditunggu-tunggu oleh Kolombia datang di menit ke-39. Free kick terarah dari sisi kanan lapangan berhasil dimanfaatkan oleh Kolombia.

Adalah Joan Quintero yang menjadi eksekutor dari tendangan bebas tersebut. Ia melakukan tendangan dengan cerdas.

Bola meluncur melalui bawah pagar betis Jepang dan masuk ke dalam gawang Jepang. Skor 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit akhir babak pertama.

Di babak kedua, kedua tim sama-sama meningkatkan intensitas serangan. Kolombia dengan berani memainkan gaya bermain menyerang dengan hanya 10 pemain tersisa.

Namun, rupanya Jepang memanfaatkan keunggulan jumlah pemain yang mereka miliki. Peluang demi peluang datang dari Jepang dan mengancam gawang yang dikawal oleh Ospina. Tapi tidak ada satu pun yang berbuah gol berkat penampilan apik dari kiper asal Arsenal.

Mimpi buruk Kolombia akhirnya datang di menit 72. Berawal dari sepak pojok Keisuke Honda, striker Jepang, Osako, mampu melepaskan dirinya dari kawalan para pemain Kolombia dan menanduk bola ke dalam gawang Kolombia. Bola meluncur mulus tanpa mampu dihadang Ospina. Skor sementara 2-1 untuk keunggulan Jepang.

Setelah gol tersebut, kedua belah tim masih ngotot untuk mencetak gol. Namun, tidak ada gol tambahan hingga pertandingan usai. Skor 2-1 bertahan untuk kemenangan Jepang.

Susunan pemain:

Jepang (4-2-3-1):
E. Kawashima; H. Sakai, M. Yoshida, G. Shoji, Y. Nagatomo; G. Shibasaki (H. Yamaguchi 80’), M. Hasebe; G. Haraguchi, S. Kagawa (K. Honda 70’), T. Inui; Y. Osako (S. Okazaki 85’)

Kolombia (4-2-3-1):
D. Ospina; S. Arias, D. Sanchez, O. Murillo, J. Mojica; J. Lerma, C. Sanchez; J. Cuadrado (W. Barrios 31’), J. Quintero (J. Rodriguez 59’), J. Izquierdo (C. Bacca 70’); R. Falcao

Penulis: Adhyasta Dirgantara
Editor: Siti Nurmayani Putri