Home News Nasional Hindari 3 Tanggal Ini agar Tidak Terkena Arus Mudik

Hindari 3 Tanggal Ini agar Tidak Terkena Arus Mudik

45
0
SHARE
Kendaraan padat merayap di Tol Palimanan. Foto: liputan6.com

Diamma.com– Puncak arus balik libur lebaran 2018 dikabarkan akan terjadi dua kali, yaitu saat akhir cuti bersama pada tanggal 19 dan 20 Juni dan akhir libur sekolah pada tanggal 24 Juni.

Beberapa titik yang rawan terjadi kemacetan yakni dari arah Timur di Nengkreng, Kali Genteng Salatiga, Gate Manyaran Semarang, Gate Kalikuto, Gate Kertasari, Gate Palimanan dan Cikarut.

Oleh karena itu Polri Irjen Polisi, Royke Lumowa mengimbau agar pemudik bisa memanfaatkan rest area yang ada di sepanjang tol fungsional.

“Seperti di KM 282 DAN 219 jangan coba-coba spekulasi walaupun BBM masih cukup dan perut belum lapar mampir saja untuk mengantisipasi di rest area yang tidak terlalu banyak kendaraan saat arus balik berlangsung,” ungkap Royke

Untuk mengurangi kemacetan, tiga Mapolda yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Metro Jaya akan meningkatkan operasi gabungan.

Jika wilayah Jawa Tengah mengalami kemacetan, maka wilayah Jawa Barat sudah menyiapkan dua skenario yakni contraflow dan one way traffic.

“Kalau contraflow di ruas titik tertentu dan one way manakala diperlukan pada saat arus mudik setelah korlantas mengevaluasi dan analisa, kemudian di Cikarut juga sama,” kata Kapolda Jabar Irjen Polisi Agung Budi Maryoto.

Penulis: Savira Putri Aprillia
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)