Home News Olahraga Timnas Spanyol Resmi Ganti Pelatih Utama pada Piala Dunia 2018

Timnas Spanyol Resmi Ganti Pelatih Utama pada Piala Dunia 2018

101
0
SHARE
Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF) resmi menunjuk Fernando Hierro(Kiri) sebagai pelatih utama tim nasional Spanyol menggantikan Julen Lopetegui(Kanan) yang sebelumnya telah dipecat. Foto: Diamma.com/M Haedar Fashal

Diamma.com- Kabar mengejutkan datang dari Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) jelang dimulainya laga Piala Dunia 2018. RFEF secara resmi memecat Julen Lopetegui sebagai pelatih utama Timnas Spanyol pada Rabu (13/6), sore kemarin.

Berdasarkan sumber terpercaya di Spanyol, keputusan yang dilakukan RFEF tersebut tidak lain dikarenakan kecewa terhadap sikap Julen Lopetegui yang menerima tawaran Real Madrid untuk menjadi pelatih utama tanpa mendisukusikannya bersama RFEF terlebih dahulu.

Presiden RFEF Luis Rubiales, yang baru mengetahui tentang peran baru Lopetegui di Real Madrid lima menit sebelum diumumkan, mengatakan bahwa ia menemukan dirinya dalam ‘situasi yang sangat sulit’.

“Saya tahu akan ada kritik terhadap apa yang telah saya lakukan, Saya yakin akan ada. Namun pada waktunya, hal ini akan membuat kita menjadi lebih kuat. Saya sangat mengagumi Julen, saya sangat menghormatinya. Dia tampaknya pelatih top dan hal tersebut membuat keputusannya menjadi lebih sulit,” ujar Luis Rubiales.

“Kamu tidak bisa melakukan hal-hal seperti ini (menerima tawaran untuk melatih klub lain) dalam dua atau tiga hari sebelum Piala Dunia. Kami telah dipaksa untuk membuat keputusan ini,” tambahnya.

Kekosongan diposisi pelatih utama membuat RFEF bertindak cepat untuk mencari pengganti yang sepadan. Dari beberapa nama yang dirumorkan, akhirnya RFEF secara resmi menunjuk mantan kapten Real Madrid, Fernando Hierro untuk menahkodai tim la furia roja dalam Piala Dunia 2018 di Rusia.

Dalam Konfrensi persnya, Fernando Hierro mengatakan bahwa ia siap menjalani peran barunya, serta tetap optimis terhadap apa yang akan dicapai oleh timnas Spanyol di Piala Dunia 2018 kedepan.

“Ini tantangan yang indah dan menarik, situasinya adalah apa adanya dan saya menerima tanggung jawab ini dengan keberanian. Seluruh kelompok bersemangat dan saya tidak bisa mengecewakan mereka,” ujar Fernando Hierro

Kami akan membuat kesalahan jika kami berpikir tentang masa lalu dan bukan masa depan. Kami harus positif dan berani, kami datang untuk bersaing dan bermain baik di Piala Dunia,” lengkapnya.­­

Penulis: M. Haedar Fashal
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)