Home News Internasional Pertemuan Bersejarah, Trump dan Kim Jong Un Tandatangani Kesepakatan

Pertemuan Bersejarah, Trump dan Kim Jong Un Tandatangani Kesepakatan

44
0
SHARE
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (2 dari kanan) dan Presiden Korea Utara (2 dari kiri) menandatangani dokumen didalam pertemuan yang bersajarah ini. Foto:  AFP PHOTO/SAUL LOEB

Diamma.com- Amerika Serikat akhirnya benar-benar melakukan pertemuan bersejarah dengan Korea Utara pada Selasa (12/6). KTT Korea Utara-Amerika Serikat yang menjadi pusat perhatian dunia ini berlangsung di Pulau Sentosa, Singapura.

Delegasi dalam pertemuan tingkat tinggi itu langsung dipimpin oleh Kim Jong-un dan Donald Trump sendiri, dua sosok yang selama ini kerap saling melempar ejekan maupun sindirian.

Pertemuan Kim Jong-un dan Donald Trump berlangsung cepat, mereka hanya membutuhkan waktu 35 menit berdialog secara tatap muka dan didampingi penerjemah. Setelah berdialog, keduanya melanjutkan untuk makan siang bersama.

Puncak pertemuan itu terjadi dengan ditandatanginya sejumlah kesepakatan antara Kim dan Trump, di hadapan awak media.

”Ini adalah pertemuan hebat. Kami memunyai pertemuan yang sangat fantastis. Banyak kemajuan. Benar-benar postif. Saya pikir, ini lebih baik daripada harapan siapa pun,” tutur Donald Trump.

(Baca: Ukir Sejarah Baru, Donald Trump dan Kim Jong Un Bertemu)

Trump maupun Kim belum menjelaskan rincian isi kesepakatan tersebut. Namun, dalam pernyataan sesaat Trump sebelum penandatangan menuturkan, salah satu kesepakatan adalah perihal mengakhiri kebuntuan krisis nuklir di semenanjung Korea.

Meskipun demikian, pihak AS berjanji akan membeberkan hasil kesepakatannya dalam konferensi pers.

Penulis: M. Haedar Fashal
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)