Home News Nasional 5 Hal yang Harus Dipersiapkan saat Mudik Lebaran

5 Hal yang Harus Dipersiapkan saat Mudik Lebaran

74
0
SHARE
Kondisi kemacetan di ruas tol Jakarta-Surabaya. Foto: Antara

Diamma.com- Hari Raya Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Sebagian besar masyarakat Indonesia yang beragama muslim, tentu saja melakukan mudik sebagai rutinitas tiap tahunnya.

Ada berbagai macam transportasi yang digunakan masyarakat untuk pulang ke kampung halamannya, seperti menggunakan mobil pribadi, kereta api, bus, dan transportasi yang lainnya.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat melakukan mudik lebaran. Berikut tips yang dapat dilakukan oleh para pemudik untuk pulang ke kampung halaman.

  1. Periksakan Kesehatanmu

Hal ini paling utama yang harus dipersiapkan oleh para pemudik. Berpergian dengan waktu yang lama tentu saja akan membuatmu lelah, terutama kesehatan para pengemudi yang menggunakan mobil pribadi sebagai salah satu transportasi untuk pulang ke kampung halaman. Oleh karena itu, tetaplah menjaga kesehatan diri.

  1. Mengecek Kondisi Mobil

Jika menggunakan mobil pribadi sebagai pilihan transportasi untuk menuju ke kampung halaman, maka mengecek kondisi mobil sangatlah penting dilakukan sebelum berpergian. Selain itu, persiapkan kelengkapan mobil, seperti SIM, STNK, serta peralatan P3K. Beberapa hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan para pemudik saat mudik lebaran.

  1. Persiapkan Uang Selama Mudik

Jangan melewatkan hal yang satu ini, karena mempersiapkan uang penting dilakukan selama mudik lebaran. Selain diperlukan untuk salam tempel dan diberikan kepada sanak saudara di kampung halaman, uang pun sangat diperlukan selama berpergian.

  1. Beberapa Pakaian Selama Mudik

Tentunya kamu akan memerlukan pakaian selama mudik, terutama pakaian baru untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Bawalah sejumlah pakaian sesuai dengan lamanya waktu para pemudik akan berpergian.

  1. Persiapkan Makanan dan Minuman

Saat berpuasa, tentunya para pemudik perlu membawa bekal untuk berbuka dalam perjalanan menuju kampung halaman. Bawalah makanan dan minuman yang sehat, serta usahakan tidak membawa makanan yang pedas dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Nah, beberapa hal mudah tersebut dapat kalian persiapkan untuk menjelang mudik lebaran. Sudah siapkah untuk berpergian?

Penulis: Annisa Yulita
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)