Home Sorot 4 Tips untuk Menanggulangi Depresi

4 Tips untuk Menanggulangi Depresi

165
0
SHARE
Berbagi cerita kepada orang lain merupakan salah satu cara untuk mencegah timbulnya depresi. Foto: dokita.co

Diamma.com- Depresi, tentu saja pernah dialami oleh setiap manusia. Menurut ahli psikologi Rice PL, depresi adalah kondisi terganggunya mood dan emosional secara berkepanjangan yang melibatkan proses berpikir, berperilaku dan berperasaan yang pada umumnya muncul karena hilangnya harapan ataupun perasaan tidak berdaya.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya depresi, diantaranya faktor biologis, trauma yang mendalam, serta adanya tekanan hidup. Hal tersebut dapat kita tanggulangi dengan beberapa cara, simaklah beberapa tips ini.

  1. Berpikirlah Positif

Ketika saat menghadapi masalah yang terjadi, berusahalah untuk berpikir tenang dan positif. Ini adalah salah satu metode untuk mengurangi stres dan mencegah depresi berat. Depresi kerap kali muncul karena seseorang selalu berburuk sangka dan berpikiran negatif. Selain itu, lakukanlah kegiatan yang dapat menumbuhkan pikiran positif, seperti meditasi dan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan hobi anda.

  1. Tidak Memendam Masalah Berlarut-larut

Seseorang pasti kerap kali mengalami masalah dalam hidupnya, seperti masalah dalam percintaan, keluarga, maupun sosial. Hal utama yang dilakukan saat sedang menghadapi masalah yaitu mencoba untuk berbagi cerita kepada teman, pasangan ataupun keluarga. Berbagi cerita kepada orang lain, dapat mengurangi rasa depresi yang sedang kamu alami.

  1. Dekatkan Diri kepada Tuhan

Berpikirlah bahwa kamu tidak sendiri dan kamu memiliki Tuhan. Jika tidak terbiasa menceritakan masalahmu kepada orang lain, mengadu dan bersandarlah kepada Tuhan. Hal tersebut merupakan metode yang ampuh untuk menenangkan hati.

  1. Berlibur

Berlibur merupakan tips terakhir yang dilakukan untuk menanggulangi depresi. Pilihlah dan kunjungi tempat-tempat yang menurutmu memberikan ketenangan dan kedamaian hati serta pikiran. Pantai pun dapat menjadi salah satu pilihan yang wajib kamu kunjungi, karena air mengandung ion negatif yang memiliki kemampuan untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

Penulis: Annisa Yulita
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)