Home News Nasional Keistimewaan Puasa

Keistimewaan Puasa

42
0
SHARE
Foto: youtube.com/ramadan kareem

Diamma.com- Marhaban ya ramadhan!
Bulan ramadhan telah tiba. Kaum muslim menjalankan kewajiban puasa selama 30 hari.

Di bulan yang penuh rahmat ini, banyak kaum muslim yang berlomba-lomba melakukan kebaikan. Tahukah kamu bahwa bulan Ramadhan memiliki keistimewahan?

Dian Ismi selaku dosen UPDM(B) mengatakan ada beberapa keistimewahan puasa yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi dosa
Menurut ulama, puasa artinya membakar. Membakar yang dimaksud adalah membakar dosa-dosa. Menurut ulama, puasa datang sejak tahun kedua nabi Muhammad berhijrah. Puasa tidak hanya diartikan sebagai menahan haus dan lapar. Tujuan puasa dibahas dalam surah 183 yang berisi supaya kalian (umat muslim) menjadi orang yang bertaqwa.

2. Puasa akan mendekatkan diri kita kepada Allah
“Bahwasanya puasa kita persembahkan semata untuk Allah. Berbeda dengan perbuatan. Perbuatan yang dilakukan manusia hakekatnya akan kembali kepada Allah. Sementara puasa semata-mata kita persembahkan untuk Allah,” kata Dian menjelaskan.

3. Mengasah empati
Dengan berpuasa,kita menahan haus dan lapar. Kita jadi belajar bagaimana rasanya diposisi orang yang fakir/miskin. Hal ini membuat orang yang berpuasa menjadi empati kepada orang lain.

Perintah puasa dilakukan sejak tahun kedua Hijrah nabi Muhammad SAW. ‘Laallakum tattakum’ yang berarti Sebagaimana yang dilakukan orang-orang terdahulu. Puasa sudah ada sejak dahulu, yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu. Seperti misalnya puasa nabi Daud yang dilakukan selang-seling (sehari puasa dan sehari esok tidak). Sementara perintah puasa Ramadhan dilakukan sebulan penuh saja.

Reporter: Rafika Rani
Editor: Siti Nurmayani Putri