Home News Internasional Teleskop Hubble Rilis Foto dan Video Lagoon Nebula

Teleskop Hubble Rilis Foto dan Video Lagoon Nebula

84
0
SHARE
Hasil Citra Foto Lagoon Nebula Dari Teleskop Luar Angkasa Hubble. Foto : www.nasa.gov

Diamma.com- Teleskop luar angkasa yang ikonis, Hubble, berusia 28 tahun pada Selasa 24 April 2018.

Hubble diluncurkan oleh pesawat luar angkasa Discovery pada 24 April 1990, dan dikerahkan ke orbit Bumi sehari kemudian. NASA dan European Space Agency (ESA), yang bersama-sama menjalankan misi Hubble, merilis foto-foto hebat setiap April untuk merayakan pencapaian ini.

Sebagai hadiah ulang tahun Hubble, NASA mengunggah foto dan video menakjubkan tentang Lagoon Nebula. Lagoon Nebula adalah awan antar-bintang raksasa yang ada di rasi bintang Sagitarius.

Video yang diunggah tersebut membuat kita pergi jauh ke jantung nebula yang berwarn-warni. NASA menyebut hal ini sebagai “pembibitan bintang yang dipenuhi kelahiran dan kehancuran (bintang)”. Lagoon Nebula sendiri berjarak sekitar 4.000 tahun cahaya dari bumi.

Tepat di jantungnya, ada sebuah bintang raksasa bernama Hershel 36. Bintang ini 200.000 kali lebih terang dan 8 kali lebih panas dari matahari. Pada video lain yang diunggah, NASA juga mengungkapkan versi inframerah yang membelah gas dan debu nebula tersebut untuk mengungkapkan jumlah bintang di sana.

Untuk diketahui, semua video dan foto tersebut diambil oleh teleskop Hubble yang diluncurkan pada 24 April 1990 silam. Sekali dan setahun, teleskop ini mengambil “waktu istirahat” dari pengamatan yang ditugaskan.

Biasanya, Hubble ditugaskan untuk mengambil gambar rinci dari tempat atau obyek tertentu dari kosmos.

“Hubble tela menawarkan pandangan baru tentang alam semesta dan telah mencapai dan melampaui semua harapan selama 28 tahun yang luar biasa ini,” ungkap pihak NASA.

Penulis: Muhammad Taufiq Wicaksono
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)