Home Entertainment Gaya Hidup Teh Rasa Buah Dapat Merusak Gigi

Teh Rasa Buah Dapat Merusak Gigi

147
0
SHARE
Teh rasa buah mengandung asam yang dapat merusak gigi. Foto:food.detik.com

Diamma.com– Siapa sih yang tidak menyukai teh? Terlebih, kini banyak teh dengan varian rasa buah yang enak dan menyegarkan. Namun, King College London Dental Institute baru-baru ini menemukan jika minuman asam seperti teh buah dapat merusak gigi.

Dilansir Dailymail.uk, Pemimpin peninjauan di British Dental Journal, Dr. Saoirse O’Toole, mengatakan jika studi yang ia teliti menemukan minuman asam seperti teh buah sangat erosif dan cukup populer dapat mengikis gigi serta enamel dan meningkatkan risiko mengalami erosi gigi sedang atau berat

“Banyak orang yang gemar meminum teh lemon dan jahe, atau teh berry. Selain itu juga ada tren untuk meminum air panas dan lemon di pagi hari saat mereka bangun tidur,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahkan secangkir air panas dengan seiris lemon sangatlah berbahaya. Asam alami buah-buahan membuat gigi menjadi rusak lebih cepat terlebih saat dipanaskan dengan air panas.

“Masalah dengan minuman panas adalah panas dapat meningkatkan tingkat interaksi kimia dengan gigi dan cenderung menyebabkan kerusakan,” tambahnya.

Namun, para peneliti juga menemukan jika erosi gigi dapat dihindari dengan mengurangi memakan buah-buahan secara berlebih dan mengonsumsi minuman asam dengan cepat atau tidak menahannya di dalam mulut.

Penulis: Muhammad Tarmizi Murdianto
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)