Home News Internasional Donald Trump Pecat Rex Tillerson Sebagai Sekretaris Negara

Donald Trump Pecat Rex Tillerson Sebagai Sekretaris Negara

234
0
SHARE
Presiden Donald Trump bersama mantan sekretaris negara, Rex Tillerson. Foto: CNN.com

Diamma.com – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, baru saja memecat Rex Tillerson sebagai sekretaris negara. Tidak perlu waktu lama, Trump langsung mengumumkan Direktur CIA, Mike Pompeo, sebagai sekretaris negara yang akan menggantikan Tillerson.

“Mike Pompeo, Direktur CIA, akan menjadi sekretaris negara kami yang baru. Ia akan melakukan pekerjaan yang luar biasa,” tulis Trump dalam akun twitternya.

Perubahan tersebut terjadi pada saat yang sulit bagi diplomasi Amerika Serikat karena baru saja menerima undangan untuk mengadakan pembicaraan tatap muka dengan Presiden Korea Utara, Kim Jong-Un.

“Presiden ingin memastikan agar tim barunya berada di tempat sebelum perundingan yang akan diadakan dengan Korea Utara dan berbagai negosiasi perdagangan yang sedang berlangsung,” ujar salah satu pejabat senior Gedung Putih seperti dilansir dari bbc.com pada Selasa, (13/3/18).

Trump mengatakan hubungannya dengan Tillerson cukup baik, namun sering terjadi perbedaan pendapat antara dirinya dengan mantan pimpinan Exxon Mobil tersebut.

“Selama ini kami cukup baik, namun kami tidak setuju dalam beberapa hal. Saya ingin melakukan sesuatu dan dia merasa sedikit berbeda, jadi kami sama sekali tidak memikirkan hal yang sama. Dengan Mike Pompeo, kami memiliki proses berpikir yang sangat mirip. Saya pikir ini akan berjalan dengan baik,” ungkap Trump.

Melalui akun twitternya, Trump juga mengucapkan terimakasih kepada Rex Tillerson atas jasanya selama ini dan mengumumkan Gina Haspel sebagai Direktur CIA yang baru.

“Terimakasih untuk Rex Tillerson atas jasanya! Gina Haspel akan menjadi direktur wanita pertama CIA yang terpilih,” ujar Trump.

Penulis: Asri Muspita Sari
Editor: Alya Farah
(Dilansir dari beberapa sumber.)