Home News Teknologi Penyebab Hilangnya Fitur GIF di Instagram dan Snapchat

Penyebab Hilangnya Fitur GIF di Instagram dan Snapchat

265
0
SHARE
Fitur GIF yang ada di akun Instagram. Foto: Liputan6.com

Diamma.com – Instagram dan Snapchat menarik fitur GIF untuk sementara terkait adanya laporan mengenai konten rasisme pada kedua akun tersebut.

Lyauna Augmon, salah seorang pengguna fitur GIF, saat menggunakan kata kunci ‘crime’ atau kriminal, ia menemukan GIF yang bertuliskan “Nigger Crime Death Counter Keep Cranking Bonzo, the Numbers Just Keep on Climbing!” dengan disajikan gambar seekor monyet.

Ia pun segera menyebarluaskan konten tersebut melalui akun twitternya, karena kalimat tersebut tentu menyinggung kaum berkulit hitam di Amerika Serikat yang kerap di anggap sebagai kriminal.

Giphy yang merupakan penyedia GIF dan juga sebagai mitra pihak ketiga Instagram dan Snapchat, mengonfirmasi, pada Minggu (11/03) bahwa adanya konten tersebut. Menurut mereka, hal itu terjadi karena adanya bug pada sistem filter dan moderasi sehingga berdampak pada stiker GIF

Namun saat ini mereka telah memperbaiki bug tersebut dan memoderasi ulang seluruh GIF yang ada pada library mereka. Staf mereka juga tengah meninjau seluruh stiker GIF.

“Kami bertanggung jawab penuh atas kejadian ini dan sangat memohon maaf kepada siapa pun yang terganggu atas hal ini,” ungkap pihak Giphy

Sedangkan dari pihak Instagram dan Snapchat, mereka telah menghentikan fitur GIF dari platform dan berharap kejadian seperti itu tidak terulang kembali.

Penulis : Savira Putri Aprillia
Editor : Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)